4 SEO Tools Terbaik Untuk Menghemat Waktu dalam Analisa Kata Kunci


4 SEO Tools Terbaik Untuk Menghemat Waktu Dalam Analisa Kata Kunci, kandrawilko – Anda mungkin pernah membaca atau mendengar jika sebuah blog bisa memberikan penghasilan yang cukup untuk pengelolanya. Bahkan beberapa pengelola blog seperti blogodolar dan juga jimmy ahyari memutuskan untuk merubah profesi mereka dari karyawan sebuah perusahaan bonafid untuk menekuni profesi yang terdengar baru, menjadi blogger profesional.

seo tools
gambar via http://www.seoportlandexpert.com

Jujur saja pencapaian mereka itu yang memotivasi saya untuk ngeblog pada awalnya (meskipun sekarang sudah agak berubah dikiiit).

Saya dulu sempat berpikir membangun sebuah blog yang dapat menghasilkan uang itu sangat mudah. Apalagi setelah membaca panduan dan studi kasus monetisasi yang dilakukan oleh blogger-blogger yang sudah mendapatkan penghasilan seperti blogodolar dan jimmy ahyari. Setelah saya coba sendiri ternyata prosesnya penuh dengan tantangan-tantangan. Banyak proses yang harus dilalui untuk mencapai posisi blogodolar dan jimmy ahyari tersebut. Apalagi jika anda seperti saya, baru terjun ke bisnis online dengan blog.

Saya pikir cukup dengan tembak kata kunci saja maka blog yang diterbitkan akan mendapatkan pengunjung yang akan membaca dan tertarik dengan iklan yang muncul di artikel saya. Tetapi hal tersebut salah.

Bagi blogger baru seperti saya masuk ke sebuah persaingan informasi di mesin pencari tentu tidak mudah. Apalagi blog yang saya terbitkan tidak setua blogdolar dan jimmy ahyari yang lebih dahulu masuk dan menetapkan tujuan menjadi website informasi terbaik di kategorinya masing-masing.

Mengoptimalkan artikel agar lebih mudah diindeks dan dirayapi oleh mesin pencari ternyata tidak cukup. Bagi blog baru setidaknya harus ada kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh blog yang sudah lebih dahulu muncul agar bisa bertahan dalam persaingan untuk muncul di halaman pertama google.

Saya mendapatkan informasi yang cukup mencerahkan dari sebuah blog yang khusus membahas belajar internet marketing. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan uang dari blog yang dikelola menurut panduanim. Langkah-langkah tersebut adalah:

  1. Mencari topik yang tepat untuk blog atau website
  2. Mencari kata kunci (keyword) dan membuat strategi keyword
  3. Persiapan dan pengaturan blog
  4. Menyediakan media berlangganan

Dari langkah-langkah diatas blog tersebut juga menambahkan langkah-langkah berikutnya yaitu melakukan promosi blog secara kontinu dan ke orang-orang yang tepat dan memilih cara monetisasi blog dengan tepat.

Akan tetapi tulisan ini tidak akan membahas secara spesifik langkah-langkah diatas. Yang ingin saya bahas adalah penggunaan seo tool terbaik menurut mas Darmawan dalam rangka bersaing dengan blog dan website yang sudah lebih dulu terbit.

Kenapa harus menggunakan tools seo jika bisa dilakukan sendiri?

Tentu saja anda bisa melakukan riset keyword dan mengoptimasi artikel atau website anda sendiri. Saya pernah melakukan riset kata kunci baik itu untuk meningkatkan kunjungan di sebuah artikel blog maupun untuk membuat proyek baru. Tanpa tools seo waktu yang anda butuhkan cukup membuat anda merasa frustasi sendiri. Kenapa?

Pertama anda harus mencari tingkat persaingan kata kunci yang pas agar website atau blog anda mendapatkan kunjungan dari mesin pencari. Jika anda hanya mendasarkan tingkat persaingan di Google Adwords Keyword Planner, data persaingan untuk kata kunci yang anda dapatkan akan rancu. Maksudnya begini.
Tingkat persaingan kata kunci yang terdapat di Google Keyword Planner hanya dikhususkan untuk para calon pengiklan atau pengguna adwords. Sedangkan kata kunci yang kita siapkan dikhususkan untuk orang-orang yang membuka situs google kemudian mengetikkan kata kunci yang berisi informasi yang mereka butuhkan.

SEO tools terbaik yang dibahas dalam artikel tersebut bisa anda gunakan secara gratis dengan memanfaatkan fitur free trial untuk beberapa periode. Dan setelah itu terserah anda apakah lanjut untuk menggunakannya atau malah mencari seo tool lain yang ringan di kantong.

Setidaknya ada 4 Seo Tools yang disinggung oleh Darmawan dalam artikelnya. Keempat seo tools ini akan menghemat waktu anda untuk melakukan riset kata kunci dan membuat strategi bagi keyword yang anda pilih.

Tentunya anda tahu formula berikut ini

  1. Cari keyword yang tepat menggambarkan blog anda
  2. Mengetahui tingkat persaingan untuk keyword yang dipilih
  3. Menetapkan keyword primer dan keyword sekunder untuk blog anda
4 (empat) seo tools terbaik menurut Darmawan dari panduanim.com ini telah digunakan untuk membuat sebuah blog bahasa inggris (yang masih dirahasiakan alamatnya) dan menghasilkan puluhan juta rupiah setiap bulannya dengan menggunakan google adsense dan juga dari penjualan produk amazon. Keempat seo tools tersebut adalah:

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sekilas fitur-fitur dari keempat seo tools tersebut hampir sama. Yang paling mahal biaya penggunaannya adalah seo tool semrush, sedangkan longtailpro seo yang paling terjangkau (menurut saya).

Berikut fitur yang ditawarkan oleh seo tool yang pertama, Longtail Pro.

  1. analisa tingkat persaingan kata kunci
  2. kustomisasi analisa persaingan kompetitor
  3. mengetahui metrik kompetitor dan website sendiri
  4. memperkirakan keuntungan untuk kata kunci tertentu
  5. sortir dan lacak niche yang ditentukan
  6. mengekspor hasil riset ke komputer
  7. penyaringan secara real-time
  8. mendapatkan data dari Adwords
sedangkan seo tool ahref, memiliki fitur sebagai berikut:

  1. laporan pencarian organic
  2. riset keyword dan juga tingkat persaingann
  3. mengetahui situs yang memberikan back link 
  4. mengetahui konten yang viral
  5. mengetahui posisi website atas keyword yang ditembak
  6. memberikan informasi perubahan posisi pada keyword yang ditentukan

Semruh seo tool memiliki fitur sebagai berikut:

  1. tingkat persaingan keyword
  2. track posisi situs di beberapa keyword
  3. audit situs
  4. sosial media
  5. notifikasi brand
  6. memberikan ide-ide seo baru
  7. memiliki tool audit backlink
  8. menginformasikan peluang mendapatkan kunjungan organic
  9. riset penelusuran
  10. riset iklan
  11. tampilan iklan

Seo tool Moz

  1. Open Site Explorer
  2. Track Campaign
  3. Riset Backlink
  4. Melacak posisi web di beberapa periode
  5. Memiliki toolbar untuk pelacakan secara realtime di browser

Kalau dilihat fungsi ke empat seo terbaik yang direkomendasikan oleh panduanim tersebut hampir sama semua. Tools tersebut akan membuat anda menghemat waktu untuk riset keyword, riset konten yang sesuai dengan target pasar, dan juga riset backlink yang membuat situs kompetitor mendapatkan posisi di laman satu google.

Kesimpulan
Empat seo tool terbaik yang disinggung dalam artikel panduanim.com tersebut akan menghemat waktu anda untuk memilih niche blog, memilih dan menetapkan kata kunci yang tepat, mencari backlink yang sesuai, memonitor posisi website untuk kata kunci yang telah dipilih, membuat konten yang sesuai dengan pasar.
    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s