Cara Menghasilkan Uang dari Blog


Dulu saya sangat skeptis dengan artikel tentang cara menghasilkan uang dari blog. Soalnya saya belum pernah mendapatkan uang dengan menerbitkan artikel-artikel atau tulisan di blog yang saya kelola.

Setelah penghasilan pertama saya dapatkan, tidak disangka saya jadi ketagihan…

Bagaimana sih cara menghasilkan uang dari blog?

Saya yakin Anda semua sudah banyak mendapatkan informasi cara menghasilkan uang dari blog ini dari beberapa situs yang muncul di halaman hasil pencarian google. Saya tidak ingin mengulang apa yang Anda terima.

Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya mendapatkan penghasilan dari penerbitan artikel-artikel tertentu di blog pencaricerah.com maupun kandrawilko.info.

Metode monetisasi blog yang saya gunakan ada dua:

  • menjadi publisher iklan sebuah jaringan periklanan seperti google Adsense,
  • menjadi tenaga penjual produk yang dijual secara online, dan
  • menjadi penjual produk yang dijual melalui marketplace.

Hingga saat ini saya sudah beberapa kali mendapatkan uang dari tiga metode monetisasi yang saya gunakan diatas. Jumlah terbesar penghasilan saya sejauh ini 100 us dolar.

Meskipun penghasilan dari jaringan periklanan tersebut besar tapi untuk mengumpulkan uang hingga 100 us dolar tersebut tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Saya butuh waktu dan juga kesabaran dalam mencari dan memperbaiki beberapa laman yang bisa di kunjungi oleh target pembaca blog saya.

Saya sekarang sedang menyenangi affiliate marketing. Ada beberapa produk affiliasi yang saya tawarkan kepada pengunjung website yang saya kelola. Salah satu produk yang saya tawarkan adalah program meningkatkan soft-skill berbahasa Inggris.

Belajar bahasa inggris secara online ternyata cukup diminati oleh masyarakat saat ini. Berhubung dengan tren smartphone semakin tinggi dan juga kebutuhan untuk menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Internasional, menjual produk belajar bahasa inggris saya rasa merupakan langkah tepat yang saya lakukan.

email notifikasi kalau saya dapat uang dari blog karena produk yang saya jual dibeli lewat link afiliasi
email notifikasi penjualan produk bahasa inggris

Kalau mengutip sebuah buku bisnis online yang saya beli, setiap channel penjualan memiliki karakteristiknya sendiri. Begitu pula produk. Ada karakteristik tertentu yang dimiliki oleh produk tersebut dan menyebabkan orang membutuhkan produk yang bersangkutan.

Asumsi ini saya dapatkan setelah mencoba untuk mempromosikan produk pelatihan kursus online dari website ratakan. Jika sebelumnya produk pelatihan bahasa Inggris yang laku, setelah itu saya mencoba untuk menjual produk lain. Kali ini pelatihan kursus bisnis online.

uang dari blog dapat juga dari membuat kursus online
email notifikasi pembelian produk ratakan dari link afiliasi saya

Saya pikir di Indonesia tidak ada pasarnya. Eh ternyata saya salah…

Meski tidak banyak tetapi saya berhasil menjual program pelatihan kursus bisnis online dari marketplace digital, ratakan.com.

Tidak hanya menjalankan web blog, saya juga mencoba untuk menjual produk langsung kepada pembeli. Jika menjadi publisher iklan dan juga menjadi seorang affiliate marketer saya tidak harus memikirkan stok barang atau pengiriman barang ke tempat pembeli, saat saya membuat akun di tokopedia.com saya malah harus memikirkan hal-hal tersebut diatas.

transaksi penjual produk di tokopedia.com

Jika tidak punya passion untuk menulis atau membuat sebuah konten maka langkah lain yang bisa anda lakukan adalah membuat sebuah akun di youtube dan menjadi seorang video blogger (vlogger). Banyak contoh vlogger yang sudah menghasilkan uang dari youtube. Cukup dengan membuat sebuah video yang mempunyai potensi informasi dan cenderung viral maka anda bisa mendapatkan uang.

Bagaimana dengan mendapatkan uang dari blog yang bekerja dengan program google adsense?

Cara menghasilkan uang dari blog google adsense itu sangat populer. Beberapa alasan kenapa banyak orang memilih untuk menjadi seorang publisher adsense itu saya tuliskan di artikel membuat blog gratis dan menghasilkan uang.

Jika tujuan kita sama, menghasilkan uang dari blog, sebaiknya jangan jadikan google adsense satu-satunya cara monetisasi yang anda punyai. Kenapa? Karena google punya aturan yang sangat ketat tentang penghasilan yang didapat oleh blogger. Jika salah satu dari aturan yang sudah diinformasikan tersebut anda langgar, penghasilan anda dalam waktu itu juga akan hangus.

Tidak sedikit publisher adsense yang melaporkan penghasilan mereka tidak diakui oleh google adsense di komunitas publisher adsense yang saya ikuti. Umumnya para publisher tersebut bertanya kesalahan mereka apa hingga google menghapus saldo yang sudah terkumpul di akun adsense masing-masing. Dan aturan yang mungkin paling sering dilanggar adalah larangan untuk meng-klik iklan sendiri.

Selain kesalahan sendiri, hilangnya potensi uang dari blog dengan program adsense disebabkan ada blogger atau publisher adsense yang iri dengan pencapaian anda. Orang yang iri tersebut melakukan sebuah tindakan ilegal yang disebut dengan bom klik. Tindakan ini akan mengakibatkan tiba-tiba iklan adsense yang tampil di blog anda mendapatkan rasio CTR yang tinggi dalam waktu singkat. Kenaikan penghasilan yang tiba-tiba ini terdeteksi oleh sistem google dan kemudian akun adsense anda akan hilang beserta uang yang berada di dalamnya.

Meski beberapa blogger dikomunitas saya beruntung tidak sampai kehilangan akun adsense mereka, peristiwa bom klik ini membuat para publisher menjadi waspada.

Makanya saya pun mencoba mendapatkan uang dari blog yang lain. Menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi penjualan adalah salah satu cara yang saya gunakan saat ini. Anda pun sebaiknya mengikuti langkah saya ini.

Menjual produk orang lain di blog tidak hanya akan membantu anda untuk menghasilkan uang dari blog. Tetapi juga menambah konten yang sesuai dengan pasar yang beragam di dunia penelusuran organik. Setiap orang tidak hanya ingin informasi yang lengkap terhadap suatu masalah tetapi juga menginginkan solusi pasti dari permasalahan yang dihadapi.

Penjualan dari produk marketplace, ratakan.com dan juga belajaringgris.net merupakan bentuk dari beragam informasi yang saya berikan di dalam blog saya. Meskipun salah, tetapi blog dengan topik yang beragam membuat saya punya bahasan yang cukup luas. Jadi tidak hanya menarik trafik dari mesin pencari saya juga mendapatkan potensi pembeli terhadap produk-produk yang ada di ratakan.

Contohnya adalah produk cara menghasilkan uang dari facebook yang begitu banyak dijual di ratakan.com. Pastinya pasar yang disasar adalah para penjual online yang kebanyakan ibu-ibu rumah tangga. Ibu-ibu yang punya niat untuk membantu suami mencari nafkah tetapi tidak ingin meninggalkan anak merupakan potensi pasar yang disasar oleh produk yang dijual di marketplace, ratakan.com tersebut.

Sebagai blogger yang ingin mendapatkan uang dari blog tentunya pasar ini sangat bagus untuk digarap. Cukup dengan mendaftarkan diri sebagai affiliate marketer ratakan, kita tinggal jual produk yang disediakan. Cara mendapatkan uang seperti ini tidak mudah. Kita harus bersaing dengan ratusan penjual lainnya agar tulisan atau konten di blog dapat dilihat oleh pencari informasi. Setelah ditemukan oleh pengunjung yang mencari informasi, konten pun harus dibuat mengandung informasi dan juga kata-kata yang menjual.

Panduanim.com menyebutkan minimal ada dua konten yang harus disiapkan,

  1. konten yang berisi informasi
  2. konten yang membujuk untuk membeli produk informasi
  3. cara memasang iklan di blog

Makanya menurut saya tidak ada cara menghasilkan uang dengan mudah. Karena setiap usaha yang dirintis membutuhkan usaha keras dan kontinu. Tidak hanya dalam melakukan riset tetapi juga dalam membuat sebuah artikel yang menghanyutkan hingga apa yang diinginkan (menghasilkan uang dari blog) pun tercapai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s