Cara Meningkatkan Trafik Website PencariCerah.com Hingga 10 Ribu Pengunjung/Hari


Website yang akan menghasilkan uang bagi pengelolanya minimal mendapatkan kunjungan minimal 10 ribu setiap hari. Standar ini saya dapatkan setelah bertanya kepada salah seorang internet marketer Indonesia, Jimmy Ahyari, di seminar gratis yang diadakan oleh marketplace matahari mall.

Berat? Pasti.

Siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mencapai tujuan. Manjadda wa Jadda. Jika saat punya target 1000 pengunjung/hari bisa didapat kenapa 10.000 pengunjung tidak?

Untuk mendapatkan 10.000 pengunjung per hari ada banyak cara yang bisa Anda lakukan

  1. SEO
  2. Membagikan link artikel di media sosial
  3. Menggunakan jaringan periklanan online
  4. Mengirim email notifikasi ke database yang anda miliki

Selama ini saya hanya memfokuskan semua usaha saya di satu metode, pengoptimalan mesin pencari (SEO). Caranya dengan menembak kata kunci yang kompetisinya tidak terlalu signifikan.

Artikel dengan kata kunci yang tidak terlalu kompetitif tersebut membuat saya menuliskan puluhan artikel dan akhirnya mendapatkan 1000 pengunjung per hari.

meningkatkan trafik website

Data dari Google Analytics diatas tidak terlalu jauh berbeda dengan statistic yang dihasilkan oleh plugin jetpack.

trafik website yang meningkat

Jadi bagi Anda yang menggunakan wordpress.com untuk ngeblog atau bikin website, jangan khawatir. Meskipun Anda tidak bisa install Google Analytics (kecuali kalau upgrade layanan ke wordpress business), statistic yang sudah diberikan pun bisa dijadikan patokan untuk pengembangan konten dari blog atau website yang dimiliki.

Apa yang harus ditingkatkan oleh website pencaricerah.com?

Jawabannya saya dapatkan setelah berkunjung ke website mas Darmawan, panduanim.com.

Di artikel ini, mas Darmawan membeberkan langkah-langkah yang dapat saya lakukan untuk mengetahui dimana kekurangan website pencaricerah.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui konten seperti apa yang selalu dicari oleh pengunjung website pencaricerah.com.

Artikel mana yang sering dikunjungi (artikel populer) di website pencaricerah?

Biasanya saya mengetahui artikel yang paling diminati pengunjung melalui widget yang sudah disediakan oleh platform. Baik blogger ataupun wordpress, widget untuk memperlihatkan artikel terpopuler sudah ada dan tinggal penggunanya yang memutuskan untuk menggunakan widget tersebut atau tidak.

Sebelum membaca artikel dari mas Darmawan diatas saya menggunakan informasi dari widget artikel terpopuler sebagai acuan untuk menulis konten lanjutan.

Tapi ternyata saya salah …

Data yang ditampilkan oleh Widget popular post atau artikel popular (paling banyak dibaca dan lain-lain) belum tentu membuat pengunjung betah berlama-lama di website tersebut. Bisa jadi kata kunci yang terdapat di judul artikel memiliki tingkat kompetisi yang sangat rendah sehingga artikel anda tidak memiliki saingan sehingga pengunjung terpaksa harus ke website Anda untuk mendapatkan informasi.

Loh, kan bagus ga ada saingan?

Sepintas mungkin bagus. Namun untuk jangka panjang tidak. Spencer Haws dari nichepursuit menyebutkan kata kunci yang memiliki kompetisi tinggi merupakan tanda yang bagus untuk bisnis.

Setelah membaca artikel lanjutan dari panduanim setidaknya saya menyimpulkan 3 hal berikut untuk mencapai tujuan 10.000 pengunjung per hari

  1. Mencari tahu konten yang sesuai untuk Website pencaricerah
  2. Menganalisa Artikel dan memperbaikinya
  3. Melakukan promosi

 

1.      Mencari tahu konten yang sesuai dengan pengunjung pencaricerah

Untuk mengetahui konten seperti apa yang betul-betul popular saya memanfaatkan data website pencaricerah yang telah dikumpulkan dan disimpan oleh google analytics.

Dari data google analytics selama tiga puluh hari terakhir (28 Juni 2017 – 4 Juli 2017) 10 artikel yang disukai oleh pembaca terdiri dari informasi tentang perkuliahan kuliah (sistem perkuliahan dan prospek pekerjaan setelah kuliah) dan informasi tentang bisnis online.

Menurut mas Darmawan agar website pencaricerah bisa mendapatkan tambahan pengunjung menuju target 10 ribu per hari, dua konten dengan tersebut diatas yang harus saya produksi selanjutnya.

analisa data google analytics untuk mencari cara meningkatkan trafik website

2.      Menganalisa artikel yang sudah terbit dan memperbaikinya

Kalau artikelnya disukai pembaca kenapa harus diperbaiki?

Pertanyaan bagus.

Saya baru mengetahui kalau artikel yang popular belum tentu bagus menurut pembaca. Indikasinya dapat dilihat di gambar 2 diatas.

Saya ambil satu sampel artikel dan membacanya secara lengkap dan mencatat waktu yang dibutuhkan untuk membaca artikel tersebut secara utuh. Saya sendiri membutuhkan waktu satu menit. Akan tetapi data dari google analytics mengungkapkan rata-rata waktu yang dibutuhkan pengunjung pencaricerah untuk membaca artikel yang sama kurang dari satu menit.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan pengunjung untuk membaca artikel saya HANYA 40 DETIK!

Gila.

Sebagai publisher adsense yang membutuhkan saldo 100 dolar Amerika untuk membayar semua kebutuhan mengelola website, saya jadi terperangah.

Pantes sampai sekarang belum PO juga.

Bagaimana cara membuat orang betah berada di laman artikel atau website saya hingga satu menit?

Jawabannya akan saya cari dalam beberapa hari kedepan.

3.      Melakukan promosi

Selama ini saya hanya memfokuskan usaha untuk mencari kata kunci yang memiliki tingkat kompetisi rendah agar website pencaricerah mendapatkan trafik. Saya focus pada mempelajari search engine optimization atau SEO. Saya ikuti perkembangan SEO dan juga mempraktekkan tips-tips yang telah diberikan oleh internet marketer maupun blogger professional seperti mas Darmawan dan Jimmy Ahyari.

Kedepan saya akan mencoba untuk melakukan promosi dengan membuat iklan di facebook dan google adwords.

Kalau dulu iklan yang saya jalankan di dua network ini untuk jualan buku, maka beberapa bulan kedepan iklan yang saya persiapkan berfokus untuk memperkenalkan website pencaricerah dan juga artikel-artikel popular yang terdapat didalamnya.

Kesimpulan

Pencapaian website pencaricerah.com yang sudah mendapatkan 1000 visitor per hari (data dari google analytics) merupakan sebuah prestasi tersendiri yang bisa saya banggakan. Target pengunjung hingga 1000 per hari yang sudah saya capai tidak didapat dengan mudah tetapi melalui waktu yang cukup panjang dan juga tanpa dana promosi.

Pencapaian yang sudah didapatkan belumlah mencapai target blogging saya sendiri yaitu mendapatkan penghasilan bulanan yang melebihi penghasilan sebagai karyawan. Bukan tidak mungkin target yang terkesan sangat impossible (10 ribu pengunjung per hari) akan saya dapatkan, hanya saja saya sendiri bertanya-tanya berapa waktu yang saya butuhkan untuk mencapai target tersebut?

Jika dari Anda mempunyai pengalaman mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target trafik yang saya inginkan, tolonglah berbagi dengan meninggalkan komentar dalam kolom yang telah disediakan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s