TRIK MAKNYUSS UNTUK MENDAPATKAN TRAFIK WEBSITE / BLOG


Trafik merupakan nyawa dari sebuah website atau blog. Tanpa trafik Anda tidak akan bisa menghasilkan uang dari website atau blog Anda. Banyak blogger baik pemula maupun yang telah berpengalaman sering mengeluhkan jika website mereka tidak mendapatkan trafik atau kunjungan dari search engine sebesar yang mereka inginkan. Oleh karena itu saya mencoba mencari tahu apa yang salah dari blogger atau webmaster tersebut?

JANGAN ANDALKAN GOOGLE KEYWORD PLANNER

Jawaban pertama yang atas pertanyaan diatas adalah website atau blog mereka kalah dalam berkompetisi di google atau mesin pencari.

Saat menampilkan sebuah website atau blog didalam laman hasil pencarian atau Search Engine Results Page (disingkat SERP) Google akan mempertimbangkan beberapa hal seperti:

  • Umur domain
  • Kepadatan konten
  • Banyak link yang menjadikan domain tersebut sebagai rujukan
  • Banyak dan lama sebuah situs dikunjungi oleh netizen

Karena umur website atau blog masih baru dan membahas hal yang sama dengan website atau blog yang sudah terlebih dahulu ADA dan terindeks oleh google, maka website atau blog Anda akan kesulitan untuk mendapatkan trafik.

Makanya mas Darmawan dari panduanim.com lebih menyarankan untuk bergabung dan aktif di situs komunitas dari pada melakukan riset kata kunci di Google Keyword Planner.

GKP sendiri merupakan tool yang disediakan google untuk calon pengiklan yang ingin memasarkan produk melalui jaringan yang mereka punyai. Di dalam Google Keyword Planner data-data pencarian secara global telah disortir menurut frekuensi pencarian per bulan dan juga tingkat kompetisi diantara para pengiklan.

Data-data yang ditampilkan oleh GKP merupakan kumpulan kata-kata atau frasa-frasa yang paling sering diketikkan oleh pengguna mesin pencari google. Agar website atau blog Anda bisa bersaing dengan website lain selain menentukan kata dan frasa yang sering diketikkan oleh pengguna mesin pencari, Anda harus diketahui search intent dari pengguna.

Saya sendiri merasa cukup kesulitan untuk memahami dari search intent sebuah kata kunci yang didapatkan dari GKP. Karena itu mas Darmawan menyarankan untuk mendalami temuan Anda di GKP tersebut dengan menelusuri situs komunitas.

Di situs komunitas seperti google plus, facebook grup/page, linkedn, dan lain sebagainya Anda bisa mengetahui pertanyaan apa yang paling sering diajukan oleh member dari komunitas tersebut. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa menjadi sebuah inspirasi bagi Anda dalam membuat konten di website atau blog agar pengunjung yang berasal dari situs komunitas tersebut bisa menjadi pengunjung atau malah subscriber dari website atau blog Anda.

BERKONTRIBUSI POSITIF DI SITUS KOMUNITAS

Inilah jawaban kedua agar Anda mendapatkan trafik bagi website atau blog yang baru diterbitkan.

Ketika Anda membahas dengan rinci permasalahan yang ditemui di grup atau page yang anda ikuti di artikel yang diterbitkan di website atau blog dan dipromosikan di komunitas tersebut, trafik pertama ke website atau blog telah diperoleh.

Nah bagaimana detailnya memanfaatkan situs komunitas untuk mendapatkan trafik untuk website atau blog yang baru diterbitkan, langsung saja ke website yang menjadi referensi saya diatas.

Saya sendiri sudah mempraktekkan saran dari mas Darmawan untuk membuat artikel dengan memanfaatkan pertanyaan yang muncul di situs komunitas gplus publisher adsense Indonesia. Jadi ceritanya ada teman yang bermasalah dengan template blog yang dipakai. Template blog yang digunakan sudah memiliki fitur related post akan tetapi yang di blog yang ia terbitkan artikel-artikel berkaitan yang muncul dibawah postingan bukan artikel yang berasal dari blog yang ia punyai.

Dengan pengetahuan saya yang tentang template blog saya akhirnya menerbitkan artikel tentang Related Pos Orang Lain Muncul di Blog Kita Sendiri  di pencaricerah.com. Hasilnya teman blogger saya mengapresiasi dengan meninggalkan komentar di gplus saya.

mendapatkan-trafik-untuk-website-atau-blog-baru

Secara statistic artikel diatas tidak mendapatkan banyak trafik karena untuk frasa pencarian related post widget blogger persaingannya cukup berat. Semua situs yang ditampilkan dari frasa kunci tersebut rata-rata sudah aged domain atau domain yang terdaftar dan terindeks di google dalam periode waktu yang cukup lama. Mulai dari tahun 2000-an.

Tetapi artikel yang saya terbitkan tersebut mendapatkan kunjungan beberapa kali yang berasal dari akun gplus.

KESIMPULAN

Bagi Anda yang masih belum mendapatkan trafik ke website atau blog yang dibangun setidaknya persiapakan dua channel bagi pengunjung

  1. Mesin pencari
  2. Situs komunitas

Hanya berfokus mendatangkan pengunjung dari mesin pencari akan membuat website atau blog yang baru dibangun membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendatangkan trafik. Oleh karena itu selain menggunakan data dari GKP (google) Anda harus mencoba mendatangkan trafik melalui situs komunitas.

Aktiflah di komunitas tersebut dan berkontribusilah secara positif, maka dalam waktu yang tidak lama website Anda akan memperoleh trafik seperti yang diharapkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s