Ini Lho Aturan WordPress.com Supaya Bisa Menghasilkan Uang dari Blog


Selama ini orang tahunya kalau mau menghasilkan uang dari blog wordpress entah itu dari menayangkan iklan google adsense, menjual produk afiliasi, maupun menjual produk sendiri

… pilihan atau saran yang diberikan blogger pro dan internet marketer kepada newbie adalah pindah ke wordpress.org atau self-hosting.

Saya sendiri merasakan beberapa kali disuspend oleh tim wordpress karena mengabaikan aturan-aturan yang berlaku di ekosistem wordpress.com.

#1 Daftarkan Blog Agar Bisa Menampilkan Iklan WordAds.

Banyak orang yang merekomendasikan Google Adsense untuk menghasilkan uang dari blog untuk pertama kali, tetapi Anda tidak bisa menggunakan kode javascript yang harus diletakkan di blog wordpress.com. Alternatifnya Anda bisa menggunakan WordAds, program periklanan yang dimiliki oleh Automattic.

Kalau Anda perhatikan iklan google Adsense dan juga jaringan periklanan lainnya sering muncul di blog yang hosting gratis di wordpress.com. Jadi dari pada ribet mikirin ditolak Adsense setidaknya kalau Anda merasa sudah cukup syarat untuk bisa mendaftar di WordAds, mendaftarlah di WordAds.

Syarat agar blog wordpress.com Anda bisa menampilkan iklan WordAds

  1. Upgrade paket WordPress gratis ke paket Premium atau Bisnis
  2. Pengguna wordpress.com dengan paket gratis dan personal bisa mendaftar asal punya trafik yang tinggi dan juga konten yang sesuai
  3. Blog atau website yang sudah custom domain juga bisa mendaftar

#2 Jual Produk Afiliasi Anda Hanya Links (Baik Teks Links Maupun Gambar).

alur-hasilkan-uang-dengan-affiliate-marketing-blog-wordpresscom.jpg
alur afiliasi marketing avsfencing.co.uk

Boleh menjual produk afiliasi asalkan kode iklan tersebut tidak menyalahi aturan dan konten yang kamu terbitkan itu original. Maksud original disini adalah kamu tidak menggunakan marketing tools yang telah dipersiapkan oleh penyedia link dari produk afiliasi.

Jadi jualan produk afiliasi yang bisa digunakan hanya melalui gambar dan teks yang telah disematkan link ke laman penjualan produk. Ingat cuma teks dan gambar yang disematkan url menuju laman penjualan.

Link afiliasi yang TIDAK BOLEH ada di ekosistem wordpress.com

  • Situs perjudian
  • Situs skema kaya dengan cepat
  • Situs MLM
  • Situs marketplace yang tidak punya reputasi baik
  • Situs yang mengandung malware
  • Situs penipuan dengan metode phising

Amazon Asociate atau jualan produk amazon merupakan cara terbaik bagi Anda yang menggunakan wordpress.com.

#3 Boleh Mendapatkan Sponsored Content Tapi Jangan Kebanyakan.

hasilkan-uang-dengan-sponsored-content-dengan-blog-wordpresscom.png
gambar dari webbizideas.com

 

Pertama kali saya mendapatkan uang dari kegiatan menulis di media seperti blog adalah sponsored content. Dulu lebih dikenal dengan paid review. Intinya blogger membuat postingan tentang review produk yang dijual oleh Merchant dengan disisipi link menuju marketplace atau pengiklan.

WordPress.com memperbolehkan Anda menghasilkan uang dengan cara ini dengan catatan konten blog Anda secara keseluruhan bukan konten bersponsor.

#4 Gunakan Paypal Untuk Menjual Produk Anda Sendiri / Meminta Donasi dari Pengunjung

hasilkan-uang-dengan-jual-produk-langsung-ke-pembeli-melalui-blog-wordpresscom.jpg
gambar dari sweda.org.uk

Bisnis yang paling berhasil adalah menjual produk berupa barang atau jasa yang Anda produksi sendiri dan dijual sendiri. Untuk itu selain transfer bank yang bisa digunakan, Anda bisa menggunakan paypal sebagai metode pembayaran yang biasa digunakan oleh para profesional di e-commerce.

Jadi…

Kalau ingin memulai bisnis online dengan menggunakan situs wordpress.com jangan lupa patuhi peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Atau kalau mau ribet dan belajar lebih banyak lagi tentang website sebaiknya gunakan wordpress.org.

 

 

Iklan

2 thoughts on “Ini Lho Aturan WordPress.com Supaya Bisa Menghasilkan Uang dari Blog

    1. Kalau dari aturannya sih cukup punya custom tld dan upgrade ke personal. Tepatnya berapa visitor saya juga masih menduga-duga. Klo blog pertama yg diapprove wordads visitornya sehari dikisaran 600-800an. Klo dari pageview 1000an lah sehari

      Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s