Promo Ulang Tahun Hosting Bluehost. Shared Hosting $2.65/m Selama 3 Tahun


Malam tadi saya menerima email dari perusahaan hosting Bluehost.com. Email tersebut berupa penawaran shared hosting basic yang dapat dibeli seharga $2.65 per bulan untuk 3 (tiga) tahun.  Gilak murah banget. Kalau di rupiahkan sewa hosting paket shared basic bluehost ini berkisar 1,2 juta rupiah dengan kurs dolar (asumsi saya) 13,500 rupiah. Tawaran ini lebih murah dibanding paket shared hosting yang saya gunakan dari fastcomet saat ini ($2.95).

Harga sewa hosting ini sangat murah dibandingkan beberapa tahun yang lalu saat saya sedang mencari hosting untuk memindahkan blog pencaricerah.com dari wordpress.com ke fastcomet. Sekitar dua tahun yang lalu harga sewa paket shared hosting basic bluehost setahun $80 yang kalau dirupiahkan adalah 1,080,000 rupiah.

Dengan kalkulasi pendapatan wordAds yang masih sanggup untuk menyewa hosting selama dua tahun dan juga pendapatan wordAds sekitar 100 dolar per tahun, saya pun urung untuk memindahkan blog pencaricerah.com ke bluehost.

Penawaran dari Bluehost ini ingin saya ambil (kalau mau jujur nih).  Tapi tahun ini budget untuk blogging saya sudah jebol anggaran rutin rumah tangga. Memetakan domain di wordpress.com dan mendapatkan domain level atas yang saya incar dari beberapa tahun yang lalu merupakan dua alasan terbesar saya tidak bisa mengambil kesempatan membeli hosting murah bluehost tahun ini.

Semoga saja tahun depan promo serupa masih ada.

Perusahaan web hosting Bluehost merupakan salah satu dari tiga (kalau tidak salah) perusahaan yang direkomendasikan oleh wordpress.com bagi pengguna yang ingin lebih berkreasi lagi dengan konten dan skrip-skrip website. Menurut wordpress (sekitar dua atau tiga tahun yang lalu) ekosistem yang terdapat di bluehost sangat cocok untuk mesin wordpress.org.

Sekarang wordpress.com sendiri mengelola hosting untuk pengguna yang menginginkan pengalaman lebih tetapi tidak menginginkan ribetnya pengaturan teknis (biasanya di back-end website) dengan paket personal, premium dan bisnis. Selain itu jika ingin lebih total lagi ada pressable yang menyediakan managed vps berbasis wordpress jika penggunanya ingin mengembangkan bisnis online mereka.

Paket shared hosting sendiri merupakan paket yang paling banyak ditawarkan oleh perusahaan web host kepada pengguna wordpress. Di salah satu website yang khusus membahas web hosting (maaf saya lupa url-nya) gambaran shared hosting tersebut seperti sebuah rumah yang telah dibagi kamar-kamarnya untuk disewakan. Seperti sebuah rumah kos-kosan lah.

Dengan paket shared hosting tersebut pengguna wordpress bisa belajar betapa pelik tapi menyenangkannya mengelola sebuah website. Saya sendiri sebelum membeli hosting di fastcomet untuk blog pencaricerah.com, banyak belajar melalui aplikasi-aplikasi seperti XAMPP maupun InstaWordpress. Dan setelah mencoba sendiri mengelola website di shared hosting saya pun mengakui batasan-batasan saya dalam belajar membuat website dengan cms wordpress.

Makanya saya kembali ke wordpress.com. Meski ada batasan seperti tidak bisa menggunakan iframe, skrip java, dan lain sebagainya, setidaknya saya bisa lebih leluasa untuk posting tulisan yang saya suka.

Penawaran “menggiurkan” dari paket shared hosting basic bluehost.com ini hanya berlangsung sehari saja. Kalau menurut emailnya sampai tanggal 18 Juli 2017 pukul 11:59 PM MT. Kalau yang saya tahu kalau di Indonesia tanggal 18 Juli di Amrik sana masih tanggal 17 Juli. Ada perbedaan sekitar 6 jam antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Fitur yang ditawarkan bluehost untuk paket shared hosting basic antara lain

  • Domain gratis. Pastinya setiap webhost selalu menawarkan domain gratis ketika membeli paket hosting dari mereka. Hanya saja bagaimana jika calon pembeli sudah punya domain TLD dan pindah dari wordpress.com ke bluehost? Apakah transfer domain juga gratis? Eh tapi transfer domain ga wajib juga sih. Soalnya walaupun mengelola domain dan hosting di tempat yang sama lebih mudah, jika ingin pindah lagi rada ribet. Pernah baca pengalaman blogger bule soal itu disalah satu forum.
  • Ruang Penyimpanan 50 GB. Besar juga dibandingkan dengan ruang penyimpanan yang diberikan oleh google saat mendaftar di gmail. Hanya saja kalau plugin yang digunakan juga banyak Ruang Penyimpanan gede juga bakal bikin website down.
  • Bisa menggunakan 25 subdomain dan 5 park domain.
  • Bisa memiliki 5 akun email dengan kapasitas pengiriman 100 MB per akun. WordPress.com juga bisa sih. Punya 5 akun email tetapi semua forward ke email google, ntar ngirim emailnya lewat mailchimp. Supaya dikira pengelola lebih dari satu (hehhe.. yah belajar dari kakus awal-awal lah :d)

Jadi buat teman-teman wordpresser yang sedang mempertimbangkan untuk memulai proyek baru tapi diluar ekosistem WordPress.com seperti ingin jadi pubslisher adsense, utak-atik tampilan website yang dibuat pake mesin wordpress.org atau alasan lainnya. Coba saja itung budget yang kalian punya dan daftar langsung melalui link affiliasi saya  disini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s