JNE Tracking Stuck? Segera Laporkan ke Customer Service (UPDATE)


Sebagai seorang seller di tokopedia.com (dan buyer juga) selama beberapa bulan ini, hampir selalu saya menggunakan jne tracking untuk memantau pengiriman barang.

Selama itu saya tidak pernah mendapatkan permasalahan yang berarti dari pelayanan JNE. Hingga beberapa hari yang lalu.

Ketika saya akan melakukan promosi toko dan barang dengan aplikasi tokopedia, tiba-tiba saya mendapatkan notifikasi pusat resolusi. Buyer saya meminta untuk cek pengiriman buku yang saya jual melalui situs toped dan hingga saat ini belum ia diterima.

Buyer membeli sebuah buku yang saya jual secara dropship. Pilihan kurir yang ditetapkan adalah JNE Reguler.

Selama menggunakan layanan pengiriman menggunakan JNE Reguler saya tidak pernah bermasalah. Saya sendiri selalu memonitor status pengiriman melalui http://www.jne.co.id lacak pengiriman.

Tarif JNE Reguler yang lebih terjangkau menjadi pilihan bagi buyer sebagai kurir.

Saat saya mengakses jne tracking untuk pesanan buyer kali ini, saya merasa heran. Proses pengiriman yang biasanya sangat rinci kok tidak berubah?

lacak pengiriman via hape 6 Agustus 2017

Salah saya adalah tidak langsung menghubungi penerbit yang mengirimkan buku untuk cek tracking jne yang saya temukan. Saya juga tidak menghubungi jne call center untuk menanyakan lebih lanjut temuan saya tersebut.

Jadilah saya masuk ke fitur pusat resolusi yang sangat dihindari.

Bagi saya masuk pusat resolusi tokopedia itu seperti aib sendiri. Saya tahu setiap kasus yang masuk ke pusat resolusi akan mempunyai implikasi yang tidak baik bagi perkembangan toko dan usaha seller.

Dari beberapa pengalaman yang dibagikan oleh seller toped lain di grup telegram, buyer yang masuk pusat resolusi merasa dirugikan oleh seller. Sedangkan tokopedia hanya sebagai mediator saja.

Di beberapa kasus yang saya ikuti melalui grup telegram tersebut, pihak seller seakan menjadi pesakitan. Seller harus salah dan mengganti kerugian yang dialami oleh buyer.

Tidak salah.

Tapi dari kisah-kisah yang dibagi oleh seller membuat saya merasa parno dengan pusat resolusi.

Untungnya buyer saya ini orangnya bisa sabar dan mau diberi pengertian. Permintaannya sederhana. Tolong cek pengiriman barang di kurir (dalam hal ini JNE).

Saya langsung menyanggupi permintaan buyer tersebut.

Melalui JNE tracking saya kembali mengetahui kalau tidak ada perubahan status. Barang yang saya (baca: penerbit) kirim hanya terlacak sudah diterima oleh cabang JNE.

Selanjutnya tidak ada progres sama sekali.

Maka saya coba tanyakan ke grup telegram khusus seller tokopedia. Apa yang harus saya lakukan untuk melacak pengiriman saya. Saran yang diberikan salah seorang member adalah mengontak jne contact center melalui media sosial mereka, twitter.

Saya lakukan saran tersebut. Tapi jawabannya agak lama saya dapatkan. Itupun setelah saya mengontak nomor customer service JNE yang terdapat di website.

Karena saya baru kontak hari Senin, menurut customer service kepastian barang yang akan dikirim tercecer dimana baru akan saya dapatkan di hari Jumat.

Informasi ini saya sampaikan ke pihak buyer.

Saya mohon maaf karena usaha saya hanya mampu mendapatkan konfirmasi diats. Sekarang sudah hari kamis dan saya masih deg-degan menanti jawaban dari JNE.

Hampir setiap hari saya mention admin @JNECare di twitter. Mungkin adminnya merasa bosan dengan mention-an saya. Pasalnya banyak juga yang saya temui di timeline @JNECare para seller yang mempunyai permasalahan yang hampir sama.

Saya kembali lagi ke JNE Tracking dan hasilnya

lacak pengiriman via desktop 10 Agustus 2017

Saya sepertinya harus menghubungi penerbit untuk mendapatkan penyelesaian terbaik untuk buyer.

UPDATE: Ternyata nomor resi pengiriman diganti oleh JNE dan bukunya sudah diterima oleh buyer. Alhamdulillah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s