Cara Mendapat Domain Gratis .NET dari Exabytes


Bagaimana cara mendapatkan domain gratis selamanya?

Pertanyaan diatas sering banget saya temui ketika berkunjung ke grup-grup publisher Adsense maupun internet marketing baik di facebook maupun google plus.

Bagi saya pertanyaan ini sangat mudah dijawab karena tidak ada yang benar-benar gratis di dunia ini. Alasannya bisa kawan-kawan baca di artikel buat toko online gratis selamanya.

Saya pun termasuk pemburu domain gratis. Kalau dapat gratis kan lumayan untuk modal usaha online. Setidaknya begitu pikiran saya ketika mendapatkan domain gratis terbaik dari exabytes (menurut saya loh). Tapi setelah membaca artikel yang dibagikan oleh internet marketer bule, jhon chow, neil patel dan lain-lain saya pun mendapatkan wawasan baru.

Para internet marketer tersebut menyebutkan, seseorang yang mau berbisnis online jika masih mengharap pada gratisan (domain gratis atau hosting gratis) tidak akan maju usahanya.

Kenapa?

Karena motivasi orang-orang yang mendapatkan modal gratisan tidak sebesar motivasi orang yang mengeluarkan modal untuk mengembangkan usahanya. Pengalaman saya pun meng-amini pendapat dari para internet marketer bule tersebut.

Kalau belum merasakan sendiri, kita punya kecenderungan untuk menolak pendapat para praktisi tersebut.

Jadi begini:

Mungkin teman-teman pernah mendengar ada program gratis domain id dari kerjasama KOMINFO dan PANDI tahun lalu. Saya sendiri mendapatkan informasinya dari seorang teman kantor yang mempunyai bisnis online jual beli bibit tanaman. Awalnya saya bertanya-tanya kenapa teman saya tersebut tidak menggunakan kesempatan bagi-bagi domain gratis tersebut untuk menambah toko online-nya.

Ketika saya tanyakan alasannya, dia menjawab: Lo aja deh, gue pengen tahu doang seperti apa programnya.

Wah saya jadi kelinci percobaan nih, pikir saya. Tapi gak masalah karena saya pikir kesempatan yang diberikan oleh kominfo dan pandi tersebut adalah lompatan untuk niat saya menjadi seorang pengusaha. Saya pikir saya tahu apa yang akan saya lakukan nantinya dengan domain gratis yang diberikan oleh kedua lembaga tersebut. Jadi saya pun melakukan pendaftaran di web 1juta.id, dan mendapatkan domain yang saya inginkan di rumahweb.com.

Nah, awalnya ketika mendapatkan nama domain ini saya berpikir kalau saya akan membuat toko online sendiri. Saya berpikir untuk menggunakan wordpress dan juga plugin woocommerce sebagai platform. Dan ternyata rumahweb juga memberikan hosting gratis untuk calon toko online saya. Pastinya teman-teman berpikir, wah jadi deh bisnis onlinenya.

Sayangnya tidak.

Tiga bulan berjalan setelah saya mendapatkan domain dan hosting gratis dari kominfo, saya malah lebih fokus pengenalan platform yang diberikan oleh rumah web. Platform yang diberikan sama sekali baru bagi saya. Kelebihan platform yang diberikan rumah web adalah mudah melakukan pengaturan. Cukup seret widget atau posisi yang diinginkan maka web shop akan terlihat seperti yang diinginkan.

Tapi seperti saya bilang tadi, karena sangat jauh berbeda dengan platform yang selama ini saya gunakan. Maka saya jadi banyak belajar cara menggunakan platform toko online ala rumah web tersebut.

Saya juga tidak punya aset untuk membuat calon toko online saya running. Aset yang saya maksud disini seperti gambar logo, gambar produk, skrip kalkulasi transaksi pembelian, skrip pengiriman dan lain sebagainya. Jadi teman-teman bisa menyimpulkan akhir ceritanya.

Toko online dari domain gratis yang saya dapatkan akhirnya gagal total. Dan baru-baru ini saya menyerahkan kembali domain gratis .id tersebut ke perusahaan penyedia domain gratis tersebut.

Kalau teman-teman punya rencana yang matang baik itu aset (logo toko, gambar produk, dan lain sebagainya) maupun flow transaksi dicoba saja untuk mendapatkan domain gratis indonesia dari program KOMINFO dan PANDI di melalui website 1juta.id. Atau kalau teman-teman malah menginginkan domain gratis untuk membuat profil perusahaan, teman-teman bisa juga mendaftarkan domain .co.id gratis di website tersebut, tapi syaratnya harus ada NPWP, SIUP, KTP, dan surat keterangan kalau gak salah.

Nilai plus dari pengalaman saya mengikuti program bagi-bagi domain .id gratis adalah saya mengetahui situs-situs penyedia layanan hosting dan domain free di Indonesia. Soalnya saya punya niat untuk mengurangi pemakaian kartu kredit yang sangat-sangat dilarang dalam agama untuk menggunakannya. Jadi lumayanlah pengalaman tersebut.

Pelajaran lain yang saya dapatkan dari mengikuti program KOMINFO dan PANDI tersebut adalah peneguhan pada ungkapan tidak ada yang benar-benar gratis di dunia ini, khususnya dunia bisnis online. Jika saya berhasil membuat toko online dengan domain dan hosting gratis dari rumah web (program 1 juta domain id tadi) untuk tahun kedua saya harus membayar layanan yang saya dapatkan sebesar 90 ribu rupiah.

Domain gratis yang diberikan oleh KOMINFO dan PANDI hanya berlaku untuk pendaftaran di tahun pertama. Jika saya hanya ingin nama domainnya saja, maka saya harus membayar 250 ribu rupiah ditahun kedua. Jadi tahun pertama gratis, tahun kedua membayar.

Kok beda?

Asumsi saya begini. Kalau saya misalnya tetap menggunakan layanan dari KOMINFO dan PANDI, rumahweb mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk melanjutkan layanan tersebut. Kalau saya hanya membutuhkan domain, maka saya dianggap sudah keluar dari layanan yang disubsidi pemerintah dan harus membayar domain yang saya miliki dengan harga yang wajar.

Jadi kesimpulannya cara mendapatkan domain gratis selamanya tanpa syarat itu cuma gimmick marketing para penyedia hosting.

Kalau sudah tahu gimmick kenapa masih nyoba ngikut nyari domain gratis dari exabytes?

Jadi beberapa bulan belakangan ini saya mengetahui ada perusahaan web hosting baru di Indonesia yang memiliki program yang hampir sama dengan KOMINFO. Bedanya kalau KOMINFO menyediakan domain indonesia, web hosting ini memberikan beberapa domain TLD

  1. Domain .id
  2. Domain .com
  3. Domain .net

Menurut press release yang saya baca di cnn indonesia, program dari web host baru ini memberikan 5000 domain untuk para pelaku usaha kecil menengah yang sudah menggunakan blog dan facebook fan page untuk penjualan. Selain domain gratis, exabytes juga memberikan email dengan kapasitas 5 GB. Tentunya alamat email dengan menggunakan embel-embel domain akan terlihat lebih keren dan profesional dimata pengunjung blog.

Selain itu saya pernah mengikuti sebuah program yang sama (bagi-bagi domain gratis) dari web host indonesia yang bernama niaga hoster, dan saya tidak pernah mendapatkan domain gratis yang dijanjikan. Entah karena link referal untuk beli paket domain dan hosting mereka tidak laku di beranda facebook saya, atau ada sebab lain yang tidak saya ketahui sehingga pendaftaran untuk mendapatkan domain gratis yang saya ikuti tidak ada konfirmasi diterima atau tidak.

Jadi bisa dibilang saya mendaftark di program grow exabytes untuk ngetest saja, apakah gimmick doang (untuk mendapatkan klien baru dari link referal yang diberikan atau tidak). Setidaknya kalau melihat persyaratan untuk mendapatkan domain gratis .NET dari Exabytes beberapa blog saya bisa masuk persyaratan program GROW tersebut.

  1. facebook page / blog sudah aktif sebelum 1 Januari 2017. Saya punya banyak akun blog di blogspot yang telah aktif sebelum tanggal yang disebutkan.
  2. mengisi form dengan benar. (kalau ada yang minat silahkan isi formulir)
  3. nama domain berkaitan dengan facebook page / blog yang didaftarkan. keyword buatblogger berkaitan dengan belajarbloggingdengan.blogspot.com, salah satu akun blog yang sudah aktif.

Jadi persyaratan untuk mendapatkan domain gratis .NET sudah siap.  Tinggal didaftarkan saja http://www.buatblogger.net di exabytes.co.id dan menunggu jawabannya.

Menurut press release dari perusahaan web hosting indonesia tersebut, hingga Juni 2017 para pendaftar untuk program domain gratis dari program GROW ini sudah mencapai 8 ribu pendaftar. Sedangkan untuk akun yang diaktifkan mencapai 2.395 atau hampir 50 % dari 5000 paket domain.

Maklumkan kenapa saya akhirnya iseng daftar?

Hasilnya:

cara mendapatkan domain gratis dari exabytes

Setidaknya saya tidak di php-in oleh web host yang janjiin dikasih domain gratis tapi ga ngasih kabar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s