Menghasilkan Uang dari Blog WordPress.com? Bisa! Ini Caranya


Teman: Mas, apakah WordPress bisa menghasilkan uang?

Me: Bisalah.

Teman: Yang pakai dot COM itu loh. Saya belum punya duit buat beli hosting sendiri.

Me: Bisa.

Siapa bilang ngeblog di wordpress.com itu tidak bisa menghasilkan uang? Meskipun jarang yang bikin tulisan cara mendapatkan uang dari wordpress gratis (karena kebanyakan pada nulis cara menghasilkan uang dari blogspot) bukan berarti kita-kita yang nulis dengan platform wordpress gratisan tidak bisa menghasilkan uang tambahan.

Memang umumnya artikel yang membahas cara menghasilkan uang lewat blog selalu merekomendasikan untuk menggunakan wordpress-selfhosted. Tapi blogger yang menggunakan wordpress.com pun juga bisa.

Saya kasih satu rahasia nih.

Penghasilan pertama saya yang paling besar (100 dolar USD pertama saya) berasal dari blog yang hosted di wordpress.com. Bukan blog yang hosting di blogger atau blogspot yang menggunakan adsense.

Jadi moga-moga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman wordpresser (pengguna wordpress.com) yang sedang mencari peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari tulisan-tulisan yang diterbitkan selama ini.

Konten+Traffic = Penghasilan

Sukses dengan wordpress gratisan sebenarnya sudah banyak buktinya. Salah satu contoh yang paling bagus menurut saya adalah blog Muhammad Assaad pengarang buku Notes from Qatar.

Blog pribadi dari  CEO Rayyan Capital tersebut banyak berkisah keutamaan sedekah dan pertolongan Allah bagi orang-orang yang melakukannya. Kepopuleran kisah-kisah yang dimuat dalam blog muhammadassad.wordpress.com membuat sebuah penerbit tertarik untuk mengumpulkan tulisan-tulisan tersebut yang kemudian dicetak menjadi sebuah buku yang berjudul Notes From Qatar. Hasilnya buku yang berasal dari komentar dan tulisan pribadi di blog pribadi tersebut menjadi buku Best Seller di Indonesia.

Notes from Qatar sendiri akhirnya diterbitkan menjadi tiga seri.

  • Seri pertama mengangkat tagline; Positive, Persistence, Pray yang memuat kisah pengarang selama beradaptasi dengan lingkungan Qatar.
  • Seri kedua: Honest, Humble, Helpful yang mengangkat kisah menjelang wisuda S2 di negeri kaya minyak tersebut.
  • Seri ketiga: Dream, Do, Deliver: kisah tentang wisuda dan prestasi yang didapat.

Kesuksesan Muhammad Assad tersebut bisa kita tiru. Caranya buatlah konten yang benar-benar bermanfaat bagi orang lain dari pengalaman kita sendiri. Mungkin bagi kita kisah yang kita lalui biasa saja, tapi bagi orang lain justru menjadi media pembelajaran.

Tanpa kita sadari konten yang kita terbitkan dan dianggap biasa saja ternyata punya manfaat yang banyak. Jika artikel yang kita tulis hanya mengangkat satu topik malah lebih baik lagi. Tulisan yang mengangkat hanya satu topik pembahasan umumnya disebut dengan niche blog di dunia internet marketing.

Dari yang saya lihat kebanyakan teman-teman yang ngeblog di wp.com membahas bermacam ragam topik atau multi-niche. Kalau isinya bermacam ragam bagaimana kita akan mendapatkan penghasilan?

Kalau kata orang sih, ga satu jalan ke Roma. Yang penting tulisan teman-teman ada yang baca aja dulu, itu penting. Kalau tulisan tidak punya trafik itu yang sulit untuk dikonversi menjadi rupiah (atau dolar) nantinya.

Orang-orang akan terus datang ke website pribadi kita untuk mencari dan menggali ilmu. Orang-orang yang datang ini disebut traffic. Medianya bermacam-macam. Bisa dari wordpress reader, mesin pencari seperti google, atau dari media sosial.

Setelah mendapatkan traffic langkah yang harus dilakukan seterusnya adalah menjaga agar pengunjung tersebut selalu berkunjung ke blog yang kita kelola. Caranya dengan memperbaharui artikel lama dan juga menerbitkan artikel yang baru di blog Anda.

Jangan lupa sediakan form untuk langganan artikel alias newsletter. Teman-teman bisa menggunakan layanan form yang gratis untuk menawarkan informasi pembaruan artikel ke email pengunjung. Kalau tulisan teman-teman terasa sangat bermanfaat teman-teman akan melihat banyak orang yang bersedia untuk memberikan alamat emailnya melalui form yang disediakan.

Patuhi Aturan Yang Berlaku di WordPress.com

Ikuti aturan yang diberikan oleh wordpress.com. Selama kita ikuti aturan untuk mendapatkan uang dari wordpress.com, kita bisa mencari uang dengan tenang tanpa perlu repot-repot mikirin hal-hal teknis tentang hosting seperti mengelola database seperti php dan mysql, mengurus file .htaccess untuk mengelola server, login ke cpanel dan lain sebagainya.

Kalau bandel jangan kan cari uang dengan beberapa cara yang akan saya bahas dibawah, untuk menulis saja teman-teman akan dibatasi. Saya sendiri sudah beberapa kali di suspend sama wordpress karena membuat tulisan-tulisan yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku di wordpress.com.

Biasanya periode suspend karena melanggar aturan konten di wordpress.com memiliki durasi 30 hari. Jadi selama masa suspension teman-teman tidak bisa memperbaharui konten, menerbitkan artikel baru, atau membalas komentar yang diberikan oleh pengunjung.

Oleh karena itu perhatikan benar-benar jenis konten yang dilarang oleh wordpress untuk beberapa metode monetisasi dibawah.

 

#1 Daftarkan Blog di Program WordAds.

Modal yang paling mahal menurut saya untuk mendapatkan uang dari wordpress gratis adalah beli domain di wordpress.com. Kalau teman-teman mau tahu berapa modal untuk membuat alamat blog menjadi lebih pendek dan profesional kalau membeli di wordpress.com berikut rinciannya:

  • registrasi domain .com 2.50 USD
  • mapping domain 6.50 USD
  • private registration 4.00 USD

Jadi total saya mengeluarkan dana 13 USD atau lebih kurang 175 ribu rupiah untuk memiliki nama domain sendiri di wordpress.com.

Dengan custom domain, menggunakan domain sendiri menggantikan alamatblog.wordpress.com, teman-teman bisa mendapatkan uang dengan wordpress gratis dengan daftar wordads.

Program WordAds sendiri tidak banyak yang mengenalnya. Mungkin karena penempatan iklan yang sangat eksklusif (hanya di ekosistem wordpress) membuat program penghasil uang dari iklan yang tayang tersebut belum mampu mengalahkan popularitas google adsense.

Program Google Adsense banyak direkomendasikan oleh orang karena kemudahan penggunaannya. Hanya dengan menyisipkan kode javascript yang disediakan oleh sistem Adsense di beberapa tempat didalam blog maka kita akan mendapatkan penghasilan dari program tersebut.

Cara memasang Wordads di wordpress juga tidak kalah mudahnya. Ketika teman-teman yang sudah disetujui sebagai publisher, yang teman-teman butuhkan hanya template wordpress yang akan membuat tampilan iklan WordAds lebih terlihat. Template wordpress akan secara otomatis membuat iklan tersebut muncul di blog teman-teman dan yang pasti tidak akan mengganggu visibilitas konten.

Karena kita, pengguna wordpress, tidak bisa menggunakan kode javascript di ekosistem wordpress.com, maka iklan kebanyakan hanya muncul di bagian paling atas (header) blog dan diakhir postingan. Sehingga pengunjung tidak merasa terganggu dengan iklan yang tampil karena letak iklan yang tidak overoptimize.

Hal ini berbeda dengan skrip google adsense yang bisa dimanipulasi letaknya oleh publisher. Biasanya kalau teman-teman mengunjungi blog yang dipasangi dengan kode adsense, teman-teman akan menemukan iklan melayang atau yang dikenal dengan interstitial ads atau pop ads (iklan yang tiba-tiba muncul saat membaca konten artikel).

Bagi sebagian orang iklan intestitial dan pop ads tersebut merupakan iklan yang mengganggu kenyamanan pengunjung. Meskipun beberapa orang sudah paham kalau blogger juga butuh biaya untuk mengelola blog, iklan jenis ini akan berpotensi mengurangi kunjungan karena tidak memberi kenyamanan.

Program WordAds sendiri selain memberikan kenyamanan untuk pengunjung (dan penghasilan bagi blogger), juga bekerja sama dengan jaringan periklanan. Bahkan dengan iklan adsense pun bisa muncul di slot iklan wordads. Kenapa? Karena wordads merupakan jaringan periklanan yang bergerak seperti broker. Setiap yang mau iklan di blog kita harus lewat wordads dan nanti tim wordads yang bernegosiasi dengan calon pengiklan berapa harga slot iklan di blog kita.

Daftar WordAds

Syarat agar blog wordpress.com Anda bisa menampilkan iklan WordAds

  1. Upgrade paket WordPress dari plan gratis ke paket Premium atau Bisnis
  2. Menggunakan custom domain (domain sendiri dengan membayar jasa domain mapping ke wordpress.com sebesar 13 USD)

Cara Melihat Penghasilan di WordPress

Website pribadi atau blog yang dimiliki sudah memenuhi kedua persyaratan diatas dan sudah disetujui menjadi publisher wordads, teman-teman bisa melihat penghasilan WordAds dengan cara:

  • masuk ke dashboard globar wordpress.com
  • scrol ke bawah, klik menu ads

Untuk bulan pertama sebagai publisher WordAds teman-teman tidak akan melihat penghasilan yang didapat. Hal ini dikarenakan tim WordAds akan melakukan audit terlebih dahulu terhadap jumlah iklan yang sudah teman-teman dapatkan melalui tayangan iklan.

Biasanya penghasilan sebagai publisher WordAds akan terlihat di bulan kedua. Di menu ads tersebut akan diperlihatkan berapa jumlah kunjungan dan berapa penghasilan iklan teman-teman atas kunjungan tersebut.

Program wordads akan membayar penempatan iklan di blog teman-teman setelah saldo sebagai penayang iklan mencapai angka 100 USD. Dan pembayarannya dilakukan dengan menggunakan paypal.

#2 Jual Produk Afiliasi

alur-hasilkan-uang-dengan-affiliate-marketing-blog-wordpresscom.jpg
alur afiliasi marketing avsfencing.co.uk

Cara mendapatkan uang dari wordpress gratis selain menjadi publisher wordads adalah denagn menjual produk afiliasi.

Apa itu produk afiliasi?

Produk afiliasi adalah produk yang dijual baik itu berupa barang maupun jasa yang dimiliki oleh sebuah brand di website atau blog kita. Menjual produk afiliasi bisa dikatakan kita berposisi sebagai seorang agen dari brand tersebut.

Untuk menjual produk afiliasi yang kita butuhkan adalah teks link atau link gambar menuju ke produk yang kita pasarkan. Caranya hampir sama dengan membuat internal link dari artikel yang baru terbit ke artikel yang sudah lama terbit di dalam blog. Bedanya kita memberikan pengunjung link menuju proses penjualan di website tempat produk tersebut akan diproses.

Mungkin masih bingung dengan penjelasan saya diatas.

Jadi begini. Mungkin teman-teman pernah mengunjungi sebuah situs atau blog yang mereview sebuah produk. Di akhir ulasan yang diterbitkan tersebut teman-teman melihat ada tombol yang disematkan untuk pengunjung yang berminat pada produk tersebut langsung melakukan pembelian di situs yang menjual.

Contohnya ada di tulisan saya membuat toko online dengan software jejualan. Teman-teman bisa melihat di tulisan tersebut kalau saya menggunakan gambar yang disisipi link referal menuju laman jejualan.com. Saat teman-teman yang ingin buat toko online mendaftar melalui link referal tersebut maka saya akan mendapatkan komisi dari situs jejualan atas penjualan software toko online yang saya pasarkan.

Beberapa situs afiliasi menyediakan kode javascript untuk para “agen”-nya. Karena wordpress.com tidak memperbolehkan kita menggunakan kode tersebut (dan juga tag html iframe) maka coba teman-teman tanyakan kepada penyedia yang bersangkutan untuk mendapatkan teks link atau link gambar.

Untuk produk afiliasi yang teman-teman pasarkan juga harus diperhatikan. Ekosistem wordpress.com tegas menyatakan TIDAK BOLEH memasarkan produk layanan atau barang dari

  • Situs perjudian
  • Situs skema kaya dengan cepat
  • Situs Multi Level Marketing
  • Situs marketplace yang tidak punya reputasi baik
  • Situs yang mengandung malware
  • Situs penipuan dengan metode phising

Rekomendasi dari tim wordpress sendiri adalah mendaftar sebagai Amazon Asociate atau jualan produk amazon.com. Tetapi hingga saat ini yang saya ketahui metode pembayaran dari membeli produk amazon merupakan metode yang masih sulit untuk diikuti oleh orang Indonesia. Apalagi jika blog yang dikelola menggunakan pengantar bahasa Indonesia.

Jadi saran saya lebih baik mencoba mendaftarkan blog teman-teman di situs-situs marketplace seperti mataharimall.com, lazada.co.id, blibli.com, dan lain-lain.

#3 Sponsored Content

hasilkan-uang-dengan-sponsored-content-dengan-blog-wordpresscom.png
gambar dari webbizideas.com

Pertama kali saya mendapatkan uang dari kegiatan menulis di media seperti blog adalah  dengan mendapatkan sponsored content. Dulu kegiatan menulis sebuah produk dengan mengulasnya di blog kita lebih dikenal dengan nama paid review. Intinya blogger membuat postingan tentang review produk yang dijual oleh Merchant, dan merekomendasikan produk tersebut ke pembaca blog mereka.

Dalam tulisan terbaru dari mas Nur Irawan berikut, terdapat beberapa situs yang mencari blog untuk diberikan sponsored content. Saya pernah mendapatkan simpel task dengan menerbitkan artikel yang sudah dipersiapkan oleh tim iblogmarket untuk dipublish di blog pencaricerah.com. Komisinya lumayan.

Sekali menerbitkan artikel yang telah dipersiapkan oleh tim iblogmarket saya mendapatkan 100 ribu rupiah. Saya sendiri baru mendapatkan dua kali simpel task tersebut.

Contoh artikel sponsored tersebut bisa teman-teman lihat di artikel saya berjudul Daftar Restoran Amerika Yang Menyulap Serangga Menjadi Menu Nikmat. Di akhir tulisan teman-teman bisa melihat siapa brand yang menjadi sponsor artikel tersebut.

Di jaringan wordpress.com teman-teman bisa mendapatkan sponsored content tersebut dan menghasilkan uang dengan cara ini. Catatan yang harus teman-teman ingat adalah proporsi konten yang ada di dalam blog itu sendiri. Jangan karena mengejar penghasilan isi blog menjadi sponsored konten semua. Jika wordpress mendeteksi ada yang tidak beres dengan tulisan dan juga link yang terdapat didalamnya maka hukuman suspend atau bahkan banned mungkin saja didapat oleh blog teman-teman.

#4 URL Paypal Untuk Metode Pembayaran Ecommerce

hasilkan-uang-dengan-jual-produk-langsung-ke-pembeli-melalui-blog-wordpresscom.jpg
gambar dari sweda.org.uk

Beberapa diantara kita tidak bisa mengungkapkan hasil pemikirannya dalam bentuk tulisan. Tapi karena mereka butuh untuk meningkatkan penjualan dan tidak ingin ketinggalan jaman dengan memanfaatkan studi terbaru tentang pengguna internet di Indonesia, teman-teman kita ini memilih menghasilkan uang dengan menggunakan wordpress gratis untuk membuat toko online.

Meskipun saya sudah merekomendasikan jejualan untuk membuat toko online atau membuat toko online dengan wordpress woocommerce, mungkin teman-teman kita masih terasa berat dalam harga paket yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia.

Jadi untuk mengakali bisnis cost, teman-teman kita ini membuat sebuah toko online sederhana dengan menggunakan blog wordpress.com. Bagaimana cara membuat toko online dengan wordpress.com?

  • Untuk judul postingan berisi nama produk.
  • Untuk kolom untuk postingan diisi dengan deskripsi singkat produk, harga, dan foto
  • Untuk pembayaran bisa menggunakan transfer bank atau dengan sistem yang diberikan oleh paypal.

Untuk metode pembayaran via paypal, teman-teman harus menggunakan link html. URL ini bisa didapat dengan copas link yang disediakan khusus untuk email.

Cara mendapatkan link khusus untuk pembayaran paypal via email tersebut dilakukan dengan cara berikut:

  1. login ke akun paypal teman-teman
  2. dibawah tool penjualan klik detail ke laman Layanan Merchant lalu klik buat tombol pembayaran untuk website Anda
  3. Di laman tombol pembayaran untuk website Anda, pilih tombol yang diinginkan dari menu dropdown. Isi kolom yang dibutuhkan. Tips: JANGAN berikan tanda ceklis pada pilihan kustomisasi
  4. Teman-teman bisa menggunakan gambar sendiri untuk tombol kustomisasi
  5. Pilih alamat email utama untuk menerima pembayaran via paypal
  6. Klik tombol BUAT
  7. Anda akan diberikan dua pilihan tombol pembayaran via paypal. JANGAN GUNAKAN kode untuk pembayaran paypal untuk website, tetapi gunakan tombol pembayaran untuk email
  8. Gunakan kode pembayaran dengan paypal diatas untuk setiap pilihan pembayaran via paypal yang digunakan.

Jadi…

Kalau ingin memulai bisnis online dengan menggunakan situs wordpress.com jangan lupa patuhi peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Atau kalau mau ribet dan belajar lebih banyak lagi tentang website sebaiknya gunakan wordpress.org.

Iklan

3 thoughts on “Menghasilkan Uang dari Blog WordPress.com? Bisa! Ini Caranya

    1. Kalau dari aturannya sih cukup punya custom tld dan upgrade ke personal. Tepatnya berapa visitor saya juga masih menduga-duga. Klo blog pertama yg diapprove wordads visitornya sehari dikisaran 600-800an. Klo dari pageview 1000an lah sehari

      Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s