Pandangan Masyarakat Terhadap Paytren


Fatwa MUI tentang paytren sudah jelas, boleh. Kalau MUI berpendapat paytren termasuk pada muamalah yang diharamkan tentu sertifikat halal yang diterima oleh paytren tidak akan keluar.

Sayangnya paytren dan Yusuf Mansur sering diserang oleh kalangan muslim sendiri. Konsep bisnis yang seperti multi level marketing menjadi titik serang yang paling banyak digunakan.

MLM memang sebuah bisnis yang zalim menurut saya. Tapi kalau orang yang ikut Multi Level Marketing bisa lepas dari stigma buruk yang kadung melekat tidak mungkin kalau sebuah komunitas bisa sukses bersama.

Yang membuat orang antipati pada MLM adalah sistem sebaran kekayaan yang terjadi. Perintis akan mendapatkan keuntungan passive dari downline yang bekerja keras.

Apakah salah kalau seseorang bergabung dengan sebuah bisnis karena undangan orang lain lalu orang yang mengundang diberikan komisi?

Bagi saya tidak.

Praktek itu cukup lazim saya temukan saat mengikuti program referal seperti member get member-nya Bukalapak.

Di dunia nyata pun begitu.

Banyak orang ingin jadi pengusaha tetapi bingung mulai dari mana. MLM menyediakan ruang tersebut. Ajakan untuk menjual barang atau produk dari anggota yang sudah mulai lancar bisnisnya tentu akan menjadi pengenalan yang baik.

Kalau sudah dibantu dikasih jalan agar bisnis jalan, secara tidak langsung ada orang yang memberikan imbalan kepada orang yang membantunya. Tapi bukan soal korupsi loh ya.

Kadang begitu mendengar konsep MLM kita langsung jadi anti, bersikap defensif. Padahal secara konsep sudah diinformasikan berulang-ulang kalau siapapun yang ikut paytren tapi tidak serius mengembangkan bisnisnya maka ia tidak akan berhasil.

Berhasil dalam konteks ini adalah menjadi seorang wirausaha yang sukses.

Berhasil dalam konteks bisnis yang dijalankan oleh paytren dan juga bisnis lainnya adalah mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut.

Saya sendiri berharap kalau bisnis yang dikembangkan boleh seorang yang hafidz Qur’an akan berhasil. Setidaknya akan menjadi contoh yang sangat baik untuk umat muslim lainnya kalau perekonomian bukan milik segelintir masyarakat.

Bagaimana pandangan teman terhadap bisnis paytren?

Iklan

One thought on “Pandangan Masyarakat Terhadap Paytren

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s