Cara Membuat Toko Online Dengan WordPress dan Cara Menggunakan Woocommerce


Ada yang tidak disampaikan oleh artikel idcloudhost.com saat Anda menemukan artikel berjudul cara membuat toko online gratis dengan wordpress.

Apa itu?

Kata Gratis dalam judul artikel cara membuat toko online gratis dengan wordpress HANYA merujuk pada panduan yang diberikan oleh idcloudhost.com untuk orang yang memerlukan toko online. Dalam pengertiannya artikel yang dibuat oleh idcloudhost.com tersebut kata GRATIS hanya pada panduan membuat toko online dengan wordpress yang menggunakan plugin woocommerce.

Dan bukan pada infrastrukturnya: domain, hosting, plugin, theme dan lain sebagainya yang membuat sebuah toko online dengan wordpress.

Meskipun begitu, saya sepakat dengan artikel tersebut bahwa membuat webstite toko online dengan wordpress merupakan cara yang mudah untuk dilakukan. Saya ingin menambahkan sedikit dari paparan cara membuat toko online dengan wordpress woocommerce idcloudhost.com tersebut. Pertama gambar dari plugin woocommerce yang digunakan oleh idcloudhost.com dalam artikelnya tersebut sudah berubah sama sekali.

Ikon plugin woocommerce jika teman-teman menggunakan wordpress.org untuk toko online adalah seperti gambar dibawah:

gambar ikon plugin woocommerce terbaru jika anda ikuti cara membuat toko online gratis dengan wordpress
ikon plugin woocommerce terbaru yang terdapat di wordpress.org

Untuk menggunakan plugin ini, jika Anda menggunakan wordpress.org, maka jangan sampai web hosting yang Anda gunakan tidak memenuhi minimum spesifikasi dari woocommerce dan wordpress.

Spesifikasi yang Anda butuhkan untuk menginstal CMS WordPress Terbaru adalah:

  • PHP versi 7 atau yang terbaru
  • MySQL versi 5.6 atau yang terbaru / MariaDB versi 10.0 atau yang terbaru
  • Dukungan HTTPS

Sedangkan untuk plugin toko online yang akan digunakan, Woocommerce, dibutuhkan tiga fitur diatas dan juga Limit memory wordpress sebesar 128 MB atau lebih.

Dimana Anda akan menemukan web hosting yang memenuhi spesifikasi wordpress woocommerce diatas?

Ada banyak web hosting yang umumnya memiliki spesifikasi minimum wordpress. Sebagai sebuah platform yang digunakan oleh 28% website di seluruh dunia, penyedia layanan hosting baik lokal maupun luar negeri sudah menunjang kemampuan layanan mereka dengan menyediakan khusus paket wordpres hosting.

Saya sendiri menggunakan dua webhosting saat ini untuk mengembangkan bisnis jual beli buku sebagai agen penerbit pro u media. Web host yang saya gunakan satu dari luar negeri dan satu di dalam negeri. Kenapa sampai menggunakan dua web host? Nanti saya bahas di artikel lain. Intinya saya ingin membuktikan apakah benar web hosting luar negeri lebih baik dibandingkan web hosting Indonesia.

Mungkin web hosting luar negeri yang saya gunakan saat ini terdengar asing di telinga teman-teman blogger semua. Nama web hosting saya saat ini adalah Fastcomet. Paket hosting yang disediakan oleh fastcomet masih cukup murah dibandingkan situs hosting lain yang lebih dulu ada.

Dengan menggunakan sistem Cloud Linux, Fastcomet bahkan sesumbar kalau paket layanan hosting yang berada di ekosistem mereka jauh lebih terjangkau dan lebih bagus dibandingkan dengan beberapa website serupa seperti GoDaddy atau Hostgator.

Berhubung dengan kondisi penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran yang saya gunakan sudah mulai habis masa tayangnya, toko buku online yang saya rintis di fastcomet saya pindahkan ke web hosting lokal, Exabytes.co.id. Secara harga hosting di exabytes lebih mahal dibandingkan dengan hosting saya sebelumnya, tapi saya bisa membuat 10 website sekaligus di paket hosting tersebut menjadi nilai plus sendiri untuk exabytes dari saya.

Sewa hosting Rp 37.500/bln untuk UKM Indonesia.

Exabytes sendiri merupakan perusahaan hosting lokal yang baru saya kenal dengan program domain gratis untuk UKM-nya. Bertolak belakang dengan saran beberapa senior di bisnis online saya memilih untuk menggunakan hosting yang baru tersebut untuk memulai bisnis penjualan buku. Teman-teman saya sendiri menyarankan perusahaan web hosting yang sudah banyak pelanggan seperti dewawebidcloudhost.com, niaga hoster, rumahweb, dan masih banyak lagi.

Untuk harga sewa hosting (iya kita nyewa tempat, bukan beli tempat) Anda bisa membandingkannya di masing-masing penyedia layanan. Seperti yang saya bilang diatas, harga layanan Ebiz plus exabytes terbilang mahal untuk paket hosting di Indonesia. Tetapi harga tersebut terasa cukup murah ketika saya bisa berkomunikasi dengan baik dengan tim teknis dari perusahaan tersebut.

Maklumlah, saya tidak memiliki rencana yang matang untuk berbisnis. Jadi dikit-dikit saya melakukan modifikasi di theme toko online yang saya miliki. Hasilnya beberapa hari website saya tidak bisa diakses. Disini saya menguji layanan dari perusahaan web hosting tersebut.

Sempat merasakan frustasi karena salah melakukan konfigurasi toko online yang baru tersebut, saya meminta back up database kepada tim teknis. Janjinya exabytes akan menyimpan backup website saya selama 14 hari. Jadi saya minta databackup website saya dua hari sebelum kejadian miss konfirgurasi tersebut terjadi.

Sempat menunggu kurang lebih sehari. (mungkin ada proses yang harus dilalui di dalam perusahaan sendiri) saya pun akhirnya bisa mendapatkan backup database dan membuat website kembali live.

Oleh karena itu tantangan dari membuat toko online dengan wordpress gratis adalah mencari tempat hosting yang SEMPURNA. Harga murah, layanan berkualitas.

Kalau ragu tempat hosting yang ada diatas atau web hosting yang lain memenuhi spesifikasi membuat toko online yang dibikin dengan wordpress woocommerce, Anda bisa menggunakan layanan wordpress.com.

Jika anda punya modal setidaknya 3 jutaan dan punya akun di situs wordpress.com Anda bisa mengikuti cara membuat toko online dengan wordpress berikut ini:

  1. Login ke akun wordpress.com
  2. Klik menu paket, letaknya dibawah statistic (kalau di wp dashboard global)
  3. Klik tab paket
  4. Pada pilihan Bisnis klik tombol upgrade
  5. Lakukan pembayaran melalui paypal atau kartu kredit

Loh mas, website lain bisa ngasih dibawah 3 juta loh?

Benar. Ini yang akan saya bahas dalam tulisan kali ini.

Membuat toko online dengan wordpress dapat Anda lakukan melalui dua cara:

  1. Menggunakan wordpress.com dan mengupgrade paket layanan dari gratis ke bisnis
  2. Membeli hosting di salah satu web hosting yang ada di Indonesia dan menginstal aplikasi wordpress dan plugin woocommerce.

Sebelum kita lanjut untuk 2 cara membuat toko online dengan wordpress dan plugin woocommerce saya coba untuk mengelaborasi kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Toko Online Dengan WordPress.com vs WordPress.org

Kalau Anda membuat toko online dengan situs wordpress.com berarti anda tidak harus direpotkan dengan berbagai masalah teknis untuk mengelola hosting situs jual beli tersebut. Anda tidak harus pusing mengatur CPanel/Plesk, memodifikasi template wordpress, menginstal plugin jetpack essential dan hal-hal teknis dasar mengelola server dengan skrip htaccess, mengelola data base website dan lain sebagainya.

Jujur saja. Saat saya menggunakan WordPress dengan hosting sendiri, saya belajar segala hal tersebut. Akibatnya beberapa kali website saya mengalami miss configuration sehingga tidak bisa diakses atau malah keenakan belajar sehingga lupa untuk menjual.

Dengan menggunakan wordpress.com sebagai situs jual beli untuk produk Anda, segala hal teknis tersebut tidak akan Anda temukan. Anda cukup menanyakan atau meminta para happy engineers untuk melakukan modifikasi website yang Anda inginkan. Tetapi tidak semua permintaan bisa dilakukan oleh tim cs wordpress.com tersebut.

Kalau Anda mengerti beberapa hal yang dibutuhkan oleh pelanggan situs ecommerce, dengan menggunakan worpress.org Anda memiliki kebebasan untuk melakukan modifikasi. Apakah anda akan membuat sebuah fitur chatting secara online, agar calon pembeli bisa diedukasi dengan baik. Atau memberikan skrip flash sale agar calon pembeli mendapatkan penawaran terbaik dalam waktu yang sangat terbatas dan lain sebagainya.

Selain wordpress sebenarnya masih banyak platform yang bisa digunakan untuk toko online Anda. Beberapa platform yang saat ini banyak digunakan adalah OpenCart, AbanteCart, Prestashop dan Magento. Tapi popularitas platform tersebut masih kalah dengan plugin Woocommerce yang dimiliki oleh Automattic (Perusahaan Induk WordPress.com maupun WordPress.org).

Contoh toko online dengan wordpress woocommerce adalah situs jual beli benih milik teman saya yang beralamatkan di benihkita.com. Toko online tersebut dibuat oleh beliau yang notabene mempunyai latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan website dan program. Dari pengakuannya, teman saya ini sebelumnya malah tidak menggunakan wordpress untuk toko benihkita.com. Ia malah membuat sendiri toko online benihkita dengan program yang bernama php.

Butuh waktu kurang lebih 1 tahun untuk membuat toko benihkita.com sebelum akhirnya ia merasa wordpress.org beserta plugin Woocommerce menjadi pilihan toko milik beliau saat ini. Kebetulan toko online benihkita.com menggunakan layanan hosting yang sama dengan toko buku saya, fastcomet.com.

Dari kelebihan dan kekurangan yang saya sampaikan diatas, membuat website dengan wordpress.com vs wordpress.org, silahkan Anda putuskan sendiri mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

Plugin toko online untuk wordpress itu tidak hanya Woocommerce saja. Tetapi plugin ecommerce tersebut merupakan plugin resmi yang dikembangkan oleh Automattic, perusahaan yang sama dengan wordpress.com. Jika Anda belum memutuskan untuk menggunakan plugin Woocommerce, sebaiknya Anda coba telusuri plugin.wordpress.org untuk mencari plugin toko online yang sesuai dengan keinginan Anda.

Sumber tulisan:

 

Iklan

One thought on “Cara Membuat Toko Online Dengan WordPress dan Cara Menggunakan Woocommerce

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s