Kanker Rahim?? Innalilahi

150 ribu kasus kanker rahim ditemukan pada wanita Indonesia. Apakah pasangan anda juga? Tidak hanya wanita, para bapak, anak lelaki pun harus mengetahui gejala-gejala dari penyakit berbahaya ini

gejala-gejala kanker rahim

Kanker rahim merupakan gangguan kesehatan yang sangat diitakuti oleh wanita sekarang ini. Tidak hanya wanita sebenarnya. Saya pun mewaspadai penyakit ini. Tak terbayang jika istri saya menderita penyakit ini.

Soalnya saya baca di guesehat.com, salah satu gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah rasa sakit saat berhubungan. Istri saya mengalaminya. Awalnya saya beranggapan kalau saya kurang melakukan pemanasan sehingga istri jadi mengalami perih dan nyeri, setelah membaca penyebab kanker rahim di situs tersebut saya pun jadi was-was jika istri mendapatkan gejala penyakit menakutkan ini.

[isa_amp_and_regular_adsense]

Penyebab kanker rahim katanya karena sebuah virus. Wanita bisa terkena penyakit kanker Rahim karena terinfeksi dari penderita lain atau menular berbagai perantara. Lingkungan yang tidak sehat serta hal lainnya yang bersentuhan langsung dengan organ intim menyebabkan virus penyebab kanker rahim menular.

Penyebab lain dari kanker rahim yang tidak terdeteksi yaitu dari kebiasaan buruk dalam mengurus kebersihan organ intim. Penggunaan pembalut yang tidak menyehatkan juga bisa menjadi penyebab berpindahnya virus.

Istri saya memiliki kebiasaan menggunakan antiseptik kemana pun ia pergi. Antiseptik ini selalu ia bawa didalam tas biru tua kesayangannya. Kadang saya berpikir kalau ia terlalu paranoid.

Sekarang saya tahu kenapa.

Dalam beberapa artikel dari situs kesehatan lain saya baru mengetahui jika tempat virus penyebab kanker rahim tersebut menyebar ternyata ada di tempat yang digunakan orang secara bergiliran seperti WC umum. Apalagi jika WC umum tersebut tidak terawat seperti yang terdapat di terminal-terminal bus, pasar, bahkan tempat ibadah. (Padahal kebersihan adalah bagian dari Iman bukan?)

[isa_amp_and_regular_adsense]

Sekarang setelah melahirkan tizi, anak pertama kami, saya tidak lagi melihat benda tersebut di dalam tasnya. Saya khawatir gejala yang ia rasakan saat berhubungan berkaitan dengan penyakit kanker rahim.

Kanker rahim sangat berbahaya bagi wanita karena sekali terpapar virus penyakit ini akan cepat menyebar. Tidak terbayang oleh saya membesarkan putra pertama kami seorang diri. Apalagi saat ini ia sangat manja dengan ibunya.

Alhamdulillah kekhawatiran saya diatas ternyata salah.

Beberapa hari yang lalu di kantor tempat istri bekerja diadakan sebuah pemeriksaan khusus wanita. Salah satunya agenda pemeriksaan adalah pap smear. Saya tidak tahu detailnya tapi kalau diceritakan pap smear merupakan cara mengetahui penyakit kanker rahim dengan memeriksa organ intim wanita. Ketika saya bertanya dokter yang menjalankan pap smear tersebut pria atau wanita, wanita yang saya nikahi Desember Empat tahun lalu ini tersenyum dan menenangkan saya. “Yang periksa dokter cewek”, katanya.

Seminggu setelah pemeriksaan kesehatan dilakukan hasilnya pun didapat. Dan istri saya diputuskan negatif memiliki penyakit yang, saya dan juga ribuan wanita Indonesia lainnya, takuti.

Saya berusaha untuk membiasakan istri dan juga anak kami mengikuti pola hidup sehat. Salah satu usaha saya adalah membeli buah-buahan pembunuh sel kanker rahim. Semoga saja ikhtiar saya bisa menjaga istri bebas penyakit kanker rahim.

[isa_amp_and_regular_adsense]

Penulis: kandra

Lahir di Bukittinggi, mendapatkan gelar SS di Padang, dan kini berdomisili dan bekerja di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *