JNE Tracking Stuck? Segera Laporkan ke Customer Service (UPDATE)

Sebagai seorang seller di tokopedia.com (dan buyer juga) selama beberapa bulan ini, hampir selalu saya menggunakan jne tracking untuk memantau pengiriman barang.

Selama itu saya tidak pernah mendapatkan permasalahan yang berarti dari pelayanan JNE. Hingga beberapa hari yang lalu.

Ketika saya akan melakukan promosi toko dan barang dengan aplikasi tokopedia, tiba-tiba saya mendapatkan notifikasi pusat resolusi. Buyer saya meminta untuk cek pengiriman buku yang saya jual melalui situs toped dan belum ia diterima.

Jadi kronologisnya begini:

Saya menjalankan bisnis dropship untuk sebuah penerbit di Yogyakarta.

Rencananya saya mau membuat sebuah website untuk bisnis dropship tersebut, tetapi karena satu dan lain hal, saya akhirnya memilih untuk menggunakan tokopedia.com sebagai media.

Baca: Mengaktifkan Kembali Akun Seller Tokopedia

Alhamdulilah keputusan saya membuka akun seller di marketplace yang masuk kategori Unicorn Startup tersebut berbuah manis.

Beberapa judul buku yang saya tawarkan melalui website tokopedia.com terjual.

Seperti yang saya sebutkan diatas tadi.

Dari sekian banyak pilihan kurir di tokopedia.com saya lebih condong menggunakan JNE dan selama saya menggunakan jasa kurir dari perusahaan kargo tersebut tidak ada masalah yang saya dapatkan.

Hingga beberapa Bulan Agustus 2017 lalu.

Ada seorang buyer yang tertarik pada salah satu judul buku yang terpampang di halaman tokopedia saya.

Singkat cerita setelah melakukan diskusi pendek user tersebut kemudian membeli sebuah buku yang saya jual secara dropship.

Pilihan kurir saya arahkan ke JNE dan si pembeli memilih menggunakan JNE Reguler.

Produk yang diminta pembeli langsung saya order ke supplier, dan suplier pun dengan cepat merespon pesanan yang saya lakukan.

Sebagai bukti pemrosesan suplier saya mengirimkan resi pengiriman paket JNE dan saya selalu memonitor status pengiriman melalui situs resmi JNE www.jne.co.id.

Saat saya mengakses jne tracking untuk pesanan buyer kali ini, saya merasa heran. Proses pengiriman yang biasanya sangat rinci kok tidak berubah?

pelacakan kiriman di situs jne
dok. pribadi

Saya pikir mungkin besok updatenya.

Namanya juga manusia, admin yang bertugas menginput proses perjalanan paket mungkin butuh istirahat.

Besoknya ketika saya kembali melacak pengiriman buku, hasilnya tetap sama.

Saya mulai was-was.

Salah saya adalah tidak langsung menghubungi penerbit yang mengirimkan buku untuk cek tracking jne yang saya temukan. Saya juga tidak menghubungi jne call center untuk menanyakan lebih lanjut temuan saya tersebut.

Tiba-tiba saya mendapatkan notifikasi dari aplikasi seller tokopedia. Buyer yang memesan buku saya meminta saya untuk mengecek pengiriman buku.

Wah, kok begini pikir saya.

Pusat Resolusi tokopedia merupakan ruang yang menakutkan untuk saya yang baru menjalankan bisnis dropship ini.

Pasalnya dari beberapa pengalaman seller yang masuk ke Pusat Resolusi reputasi toko dan seller bisa anjlok.

Sebagian kecil dari seller yang pernah masuk ke Pusat Resolusi tokopedia bahkan menyayangkan pihak tokopedia yang netral dalam bersikap meskipun sudah diberikan beberapa bukti pendukung yang membuktikan seller tidak melakukan kesalahan.

Untungnya untuk kasus saya, buyer tidak marah-marah. Cuma mengingatkan kalau tenggat waktu pengiriman makin dekat sedangkan posisi paket tidak berubah.

Saya langsung menyanggupi permintaan buyer tersebut.

Melalui JNE tracking saya kembali mengetahui kalau tidak ada perubahan status. Barang yang saya (baca: penerbit) kirim hanya terlacak sudah diterima oleh cabang JNE.

Selanjutnya tidak ada progres sama sekali.

Maka saya coba tanyakan ke grup telegram khusus seller tokopedia. Apa yang harus saya lakukan untuk melacak pengiriman saya. Saran yang diberikan salah seorang member adalah mengontak jne contact center melalui media sosial mereka, twitter.

Saya lakukan saran tersebut. Tapi jawabannya agak lama saya dapatkan. Itupun setelah saya mengontak nomor customer service JNE yang terdapat di website.

Karena saya baru kontak hari Senin, menurut customer service kepastian barang yang akan dikirim tercecer dimana baru akan saya dapatkan di hari Jumat.

Informasi ini saya sampaikan ke pihak buyer.

Saya juga memohon maaf karena usaha saya hanya mampu mendapatkan konfirmasi berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari customer service JNE.

Hampir setiap hari saya mention admin @JNECare di twitter menanyakan paket yang harusnya dikirim tetapi belum diterima oleh buyer.

Mungkin adminnya merasa bosan dengan mention-an saya.

Pasalnya banyak juga yang saya temui di timeline @JNECare para seller yang mempunyai permasalahan yang hampir sama.

masukkan resi jne dan captcha sebelum melacak pengiriman paket situs jne
dok. pribadi

Karena sudah lebih dari seminggu proses pengiriman paket saya belum beranjak dan juga pihak customer service JNE belum memberikan jawaban yang memuaskan, akhirnya saya menghubungi penerbit untuk mendapatkan penyelesaian terbaik untuk buyer.

Penerbit yang mendapatkan keluhan saya bersedia untuk mengganti dengan mengirimkan buku ke alamat buyer tanpa saya harus memesan kembali buku yang sama.

Besoknya saya pun mendapatkan informasi dari aplikasi seller tokopedia kalau buyer telah menyelesaikan komplainnya di pusat resolusi. Saya kaget sekaligus bersyukur.

Ternyata nomor resi pengiriman diganti oleh JNE dan bukunya sudah diterima oleh buyer.

pelacakan paket jne dengan nomor resi yang benar
dok. pribadi

Saya tidak mau tahu bagaimana caranya hingga nomor resi pengiriman bisa berubah secara tiba-tiba. Pastinya saya berharap kedepannya jika terjadi perubahan resi pengiriman sebaiknya JNE memberitahu konsumennya. Soalnya bagi pengusaha pemula seperti saya komplain konsumen bakalan jadi beban pikiran selama masalah tersebut belum diatasi.

Apalagi di marketplace besar seperti tokopedia dimana banyak saingan. Saya sebagai pendatang baru bisa bersaing jika reputasi sudah didapat tidak perlu mendapatkan goldstar, silver star saja sudah bikin saya pede untuk men-serius-i aktifitas baru ini.

Penulis: kandra

Lahir di Bukittinggi, mendapatkan gelar SS di Padang, dan kini berdomisili dan bekerja di Jakarta.

2 thoughts on “JNE Tracking Stuck? Segera Laporkan ke Customer Service (UPDATE)”

  1. Sama seperti yang saya alami saat ini . Status pengiriman berhenti di SHIPMENT PICKED UP BY COURIET (JAKARTA)
    Dari tanggal 6 sampai sekarang status belum berpindah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *