Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Mendapatkan Domain .COM Gratis

alternatif domain .com, pakai .id

Bagaimana cara mendapatkan domain gratis .COM? Pertanyaan ini sering saya dapatkan di forum-forum blogger Indonesia di facebook. Rata-rata yang bertanya pertanyaan tadi statusnya masih pelajar yang mencoba peruntungan menghasilkan uang dengan menerbitkan konten di sebuah blog atau profesional seperti freelancer yang memiliki keterbatasan biaya. 
 
Saya pun awalnya juga pemburu domain gratis. Apapun ekstensinya. Asal tidak mengeluarkan uang pasti saya akan coba peruntungan saya. Sekarang saya sudah cukup dengan domain saat ini. Kenapa? Anda akan menemukan alasannya pada tulisan ini, jadi cobalah membaca dengan seksama.

Memiliki sebuah domain atau alamat website sendiri memiliki beberapa keuntungan. Pertama tentu saja kita sebuah platform yang menggunakan domain sendiri akan terlihat lebih profesional dibandingkan pengguna platform yang sama namun menggunakan alamat  turunan yang disediakan penyedia. Contoh jika kita menggunakan alamat website tokobajukandra.blogspot.com akan terlihat kurang profesional dibandingkan tokobajukandra.com.

Kedua kita akan memiliki brand sendiri. Nilai sebuah brand bisa lebih mahal jika ada orang yang tertarik untuk memiliki alamat domain yang kita miliki. Jika sebuah domain tidak memiliki valuasi yang bisa dijual mungkin tidak akan ada pasar jual beli domain seperti Sedo.

Ketiga kita tidak terpaku pada salah satu penyedia layanan. Ini pengalaman saya sendiri. Nama domain yang sudah saya miliki selama beberapa tahun belakang ini bisa membuat saya memindahkan konten blog ke penyedia layanan hos web satu ke yang lain tanpa harus memulai dari trafik yang kosong sama sekali. Tulisan mengenai cara mendapatkan domain .COM gratis ini sudah saya pindahkan beberapa kali dengan alamat yang kurang lebih sama. Mulai dari blogger ke Wordpress hosting mandiri lalu pindah ke Github kemudian balik lagi ke blogger. Saya akan membahas kenapa konten blog ini harus berpindah-pindah melalui tulisan ini.

Satu hal yang saya catat dalam pengalaman menjadi pemburu domain gratis selama ini adalah kita membutuhkan kesabaran tinggi dan juga kreatifitas. 

Pemilik bisnis dalam hal ini penyedia layanan pendaftaran domain atau registrar tentu sudah mengeluarkan modal yang tidak sedikit untuk menjadi penyedia layanan. Contoh untuk menyediakan domain .ID yang merupakan identitas website kawasan Indonesia, sebuah entitas harus menyediakan deposit yang tidak sedikit. Entitas tersebut minimal harus memiliki modal deposit agar kita pengguna akhir bisa memiliki hak atas alamat website yang didaftarkan.

Karena ada modal yang terlibat dan juga sumber daya seperti server nama domain yang harus dijaga oleh karyawan yang digaji, tentunya pemilik bisnis pendaftaran nama domain menginginkan imbal balik dari pemberian gratis ini. Dan tujuan bisnis perusahaan tersebut yang harus kita bantu.

Meski menurut saya memiliki sebuah domain tergolong masih biaya pengelolaan lebih murah dibanding menyewa hosting murah sekalipun, masih banyak yang mencari informasi untuk mendapatkan domain .com gratis. Meskipun sudah rahasia umum kalau menyewa layanan hosting terjangkau di Indonesia pasti sudah termasuk dengan nama domain .com (atau top level domain lain) yang diinginkan.

Setidaknya dari pengalaman saya selama ini ada dua cara untuk mendapatkan domain gratis dari salah satu penyedia layanan hos web di Indonesia. Saya akan membeberkan rahasia saya khusus untuk Anda pengunjung blog kandra.id.

Kenapa Harus Menggunakan .COM?

Ya. Kenapa harus memakai domain .COM dibandingkan dengan top level domain yang lain?

Salah satu alasannya mungkin karena domain ekstensi .COM merupakan domain yang paling umum dipakai oleh berbagai situs web di dunia. Menurut situs verisign, situs pendaftaran nama domain .COM,  pendaftaran domain .com sudah mencapai 120 juta sejak pertama kali diperkenalkan ke publik di tahun 1985.

Saking populernya penggunaan domain .COM kemungkinannya kecil untuk Anda mendapatkan alamat situs yang Anda inginkan. Jadi minimal persiapkan beberapa alternatif nama domain yang pas untuk situs web yang akan di kembangkan.

Kalau Anda pernah membaca tips memilih nama domain pastilah akan bertemu dengan saran seperti menggunakan karakter yang terdiri dari 2-4 suku kata karena manusia lebih mudah mengingat 2-4 suku kata tersebut. Hal ini tidak sepenuhnya salah.

Menurut penelitian Professor Richard Harris dari Universitas Kansas State yang dikutip Science Daily di tahun 2012, manusia cenderung untuk mengingat nama panggilan atau nama pendek dari individu yang dikenal apalagi jika terdiri dari 2 sampai 4 suku kata yang bisa dieja.

Begitu pula dengan sebuah alamat website.

Jika kita menggunakan sebuah alamat web baru didaftarkan maka kita paling tidak membutuhkan waktu tiga bulan agar bisa diingat oleh pengunjung web. Apalagi alamat web yang kita daftarkan memiliki standar yang sudah diuji secara ilmiah oleh Profesor Richard Haris diatas.

Coba kita perhatikan website yang sudah besar saat ini. Rata-rata alamat web yang mereka gunakan terdiri dari 2 sampai 4 suku kata. Contoh: de-tik, kom-pas, su-geng, kan-dra (oke yang terakhir ini sedikit narsis dan ngiklan hehehe… faktanya orang kesulitan dalam pelafalan D-R-A) dan lain sebagainya.

Disini tantangannya.

Karena sejak domain .com dirilis tahun 1985 ke publik sudah terdaftar 25 juta domain maka besar kemungkinan nama domain yang kita inginkan sudah dimiliki oleh orang lain. Alamat web saya saat ini kandra, tidak bisa lagi saya gunakan dengan ekstensi .COM karena alamat tersebut sudah didaftarkan oleh seorang artis teater dan film dari Amerika Serikat sejak belasan tahun yang lalu. Untuk mendapatkan alamat kandra.com saya harus menunggu agar alamat tersebut expired atau deleted.

Saya akhirnya mendapatkan alamat domain kandra setelah mendapatkan kabar hadirnya PANDI (PENGELOLA NAMA DOMAIN INTERNET INDONESIA) dan program 1 juta domain gratis yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Cara Mendapatkan Domain .COM Gratis 1 Tahun

Satu hal yang harus Anda perhatikan, domain .COM gratis yang diberikan oleh perusahaan registrar berikut durasinya terbatas. Bukan selamanya kita bisa menggunakan alamat website dengan gratis. Rata-rata durasi pemakaian domain .COM gratis yang diberikan adalah 1 tahun. Di tahun kedua jika Anda masih ingin menggunakan alamat tersebut maka Anda harus melakukan pembayaran.

Oke tanpa perpanjang kata lagi ini cara mendapatkan domain .com gratis yang bisa teman-teman lakukan.

  1. Kumpulkan semua perusahaan hosting di Indonesia yang legal. Ingat loh yang legal supaya nanti domain kita tidak diambil oleh pemilik hosting secara sepihak.
  2. Mendaftar sebagai member di masing-masing website perusahaan tersebut. Setahu saya untuk mendaftar saja gratis tidak harus membeli domain atau paket hosting apapun.
  3. Cari seluruh akun media sosial yang dimiliki perusahaan web hosting tersebut dan ikuti akun media sosial mereka dengan akun media sosial anda.
  4. Tunggu kuis / kontes / Promo yang diinformasikan melalui akun media sosial atau web perusahaan dan ikuti kuis / kontes tersebut dan memperhatikan syarat-syarat mendapatkan domain .COM gratis.

Saya pribadi sudah mendaftarkan diri dibeberapa web host seperti

  1. Exabytes
  2. Rumah Web
  3. Idcloudhost

Cara Mendapatkan Domain Gratis .COM dari Rumah Web, Bagikan Cerita yang Menarik

Di tahun 2019 saya mengikuti kuis dan kontes yang diadakan oleh Rumah Web dan berhasil mendapatkan dua domain .COM gratis dan 1 hosting gratis.

Informasi kuis pertama yang saya ikuti dari Rumah Web Indonesia berasal dari halaman resmi Rumahweb di situs media sosial facebook. Tema kuis pada waktu itu adalah donor darah, sebagai bagian dari promosi di peringatan hari donor darah nasional. Rumahweb Indonesia meminta para anggota mereka untuk menuliskan pengalaman donor darah pertama kali.

Saya pun menuliskan pengalaman pribadi donor darah ketika kuliah di Padang. Hanya saja cara penulisan status untuk kuis itu berbeda. Saya menggunakan teknik copywriting yang pernah saya baca di salah satu buku Dewa Eka Prayoga. Apa itu? Saya membuat tulisan status facebook yang memiliki alur problem, konflik, dan solusi. Cara ini sebelumnya tidak pernah saya lakukan ketika saya membuat status sendiri.

Saya tidak terlalu ingat kapan pastinya, tidak berapa lama setelah ikut menuliskan pengalaman saya, admin facebook page RWI mendaulat saya sebagai pemenang dengan memberikan pesan inbox ke akun facebook saya.

Syarat mendapatkan domain gratis .com 1 tahun yang diberikan oleh Rumah Web Indonesia adalah mendaftarkan diri di situs mereka lalu mengkonfirmasikan pendaftaran tersebut kepada staf yang ditunjuk.

Saya pun mendaftarkan domain dengan nama annisablog.com. (Mungkin sekarang alamatnya udah non aktif karena saya bingung mau mengurusnya bagaimana).

Hal lain yang juga cukup krusial saat mendaftarkan diri ke situs Rumahweb.com adalah mengenai alamat email. Pastikan kalau alamat email yang digunakan untuk mendaftar di perusahaan web hosting merupakan alamat email yang sering digunakan dan ejaan dari email tersebut juga benar.

Ketika kita mendaftarkan nama domain ke perusahaan web hosting, kita HARUS mengkonfirmasi permintaan pendaftaran alamat web tersebut melalui email. Kalau alamat email yang diberikan ke perusahaan hosting bukan alamat yang biasa kita gunakan khawatirnya domain .com yang didaftarkan tidak akan bisa digunakan karena IANA tidak bisa mengkonfirmasi data kepemilikan yang diberikan oleh perusahaan web host (dalam konteks ini Rumah Web).

Hal ini pernah kejadian pada salah seorang teman saya anggota komunitas blogger dan publisher adsense. Jadi ia pernah berbagi pengalaman jika bahwa ia membeli sebuah domain baru untuk proyek blog baru yang akan ia kembangkan hanya saja ketika mendaftar beliau memberikan alamat email untuk salah konfirmasi kepemilikan alamat domain yang baru tersebut. Kesalahan yang teman saya lakukan ini sepele keliatannya beliau melakukan typo saat input alamat email yang biasa digunakan.

Akibatnya alamat domain baru tidak bisa digunakan karena alamat email yang dikirim oleh IANA masuk ke alamat email yang salah dan uang pembelian domain tidak bisa direfund. Kebayangkan betapa ruginya kalau Anda tidak menggunakan email yang biasa digunakan untuk korespondensi? Alih-alih mendapatkan domain .com gratis selama 1 tahun malah harus kembali mencari kuis maupun kontes domain gratis yang hampir jarang didapat saat ini.

KESIMPULAN

  1. Jadi untuk mendapatkan domain .COM gratis kita harus menunggu waktu perusahaan-perusahaan hosting melakukan pemasaran secara ekspansif. Biasanya cara pemasaran yang paling murah dan ekspansif menurut pengamatan saya selama ini adalah dengan membuat kontes atau kuis di laman sosial media resmi mereka.
  2. Tulis sebuah cerita yang menarik dengan metode problem, konflik dan solusi atau metode copywriting lain yang bisa dipelajari dan digunakan. 
  3. Ketika sudah diumumkan menjadi orang yang berhak diberi domain .COM gratis, jangan sampai typo mengisi alamat email kepemilikan. Usahakan untuk menggunakan alamat email yang biasa digunakan agar kesalahan ketik bisa dihindarkan.
Kandra
Kandra Seorang mantan karyawan yang sedang mencari cuan melalui tulisan. Pernah bekerja di industri asuransi syariah hampir 10 tahun sebelum memutuskan untuk di-rumah-kan karena pandemi.