Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog dan Menghasilkan Uang

Membuat Blog di Blogger

Semua pengguna akun email gmail maka bisa mendaftar di blogger.com dan membuat akun di layanan blogging tersebut.


    1. ketik blogger.com di address bar web browser yang anda gunakan. Tekan tombol blogger sign up atau masuk blog dengan menggunakan username dan password akun gmail yang anda miliki

      cara membuat blog di blogspot #2 pilih buat akun blogger
      gambar 1. klik teks Buat Akun


    2. saat anda masuk ke dashboard blogger.com, tekan tombol new blog

      gambar 2. tekan tombol new blog yang berada di kiri atas layar (dibawah profil akun google)


    3. buat blog baru anda dengan mengisi kolom TITLE dan ADDRESS. Jika anda ingin blog ini pribadi maka cara membuat blog pribadi dengan memberikan Title dan Address dengan nama anda sendiri, contoh blog kandrawilko. Jika nama anda ternyata sudah menjadi milik blog lain sebaiknya lakukan riset di google adwords untuk menentukan title dan address. Trik melakukan riset untuk menentukan title dan address di blogspot sebenarnya berkaitan dengan cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang. Saya akan coba membahas lebih jauh dipostingan yang lain

      gambar 3. isi kolom Title (Judul) dan Address (Alamat)


    4. pilih template blog anda untuk pertama kalinya. Setelah address (alamat) blog tersedia anda bisa memilih template blog yang disediakan blogger. Jika template yang tersedia tidak anda sukai jangan khawatir, Anda dapat mengubah template tersebut sewaktu-waktu. Paling tidak anda harus mencari template gratis blogger dengan kriteria Mobile Friendly dan Responsive. Jika dua kriteria tersebut sudah ada di template yang Anda punyai saat ini maka mendapatkan penghasilan dari blog tinggal selangkah lagi.

    5. tekan tombol create.

Tada..!!

Setelah anda mengikuti langkah-langkah membuat blog di blogger.com Anda telah mempunyai website sendiri. Selagi masih fresh Anda sebaiknya menyimpan username (email gmail yang anda buat dan digunakan untuk pendaftaran di blogger.com tadi) dan juga password di tempat yang mudah anda akses dan juga tidak diketahui banyak orang.

Setelah anda mengikuti cara membuat blog di blogspot selanjutnya anda kenali fitur-fitur blogspot yang anda gunakan untuk ngeblog. Fitur-fitur yang pertama kali yang harus anda kenali dan terbiasa dengannya adalah fitur posting. Anda harus tahu bagaimana cara menerbitkan konten yang akan anda terbitkan di website blogger.com tersebut.

Menurut Neil Patel, IMers asal Amerika, menggunakan blogspot atau blogger.com sebagai sebuah media untuk bisnis (jika anda mau menggunakan blog untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan) merupakan langkah yang tidak dianjurkan. Penggunaan platform wordpress yang menggunakan hosting sendiri jauh lebih-lebih dianjurkan oleh oleh IMers bule tersebut. Dengan menggunakan wordpress yang digunakan di hosting sendiri, kita bisa lebih leluasa untuk menambah fitur-fitur untuk meningkatkan penjualan maupun performa web. Artikel cara membuat membuat blog dengan langkah mudah yang saya baru saya baca membuka wawasan saya tentang membuat blog dan menghasilkan uang.

Saya coba lanjutkan lagi tentang membuat blog gratis dan menghasilkan uang di blogspot.

Umumnya blogger senior seperti mas sugeng menganjurkan blogger newbie untuk memulai menghasilkan uang dengan cara menjadi publisher adsense. Saya sendiri mengikuti saran dari blogger tersebut dan saya juga bergabung di komunitas publisher Adsense di situs google plus. Adsense merupakan sebuah program monetisasi blog yang sangat populer diantara blogger. Beberapa alasan kenapa program ini menjadi sangat populer di kalangan blogger tapi salah satunya adalah karena Adsense merupakan program langsung dari GOOGLE. Jadi reputasi google sebagai sebuah perusahaan yang besar menjadi pertaruhan untuk bisnis periklanan tersebut.

Selain bergabung dengan program publisher adsense, cara menghasilkan uang dari blog dapat juga dilakukan dengan menjual langsung produk atau jasa yang Anda tawarkan. Saya sendiri mencoba untuk menjual beberapa produk digital maupun produk fisik dengan bekerja sama dengan beberapa situs seperti produk pelatihan bahasa inggris dari belajaringgris.net atau produk pelatihan bahasa inggris dari ratakan.com. Sebagai perpanjangan tangan dari situs-situs tersebut saya berusaha untuk menjual produk mereka dengan cara membuat tulisan yang berhubungan dengan produk-produk bersangkutan. Hasilnya juga tidak kalah dengan bekerja sama dengan Google di Adsense.
Kandra
Kandra Seorang mantan karyawan yang sedang mencari cuan melalui tulisan. Pernah bekerja di industri asuransi syariah hampir 10 tahun sebelum memutuskan untuk di-rumah-kan karena pandemi.