Panduan Memulai Blogging dan Bisnis Online
Ini adalah halaman awal anda untuk memulai aktifitas blogging dan bisnis online. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih hosting dan domain yang akan digunakan serta membuat sebuah newsletter.

Anda bisa memulai blogging dan mengawali bisnis online dengan mendaftar di situs-situs penyedia hosting gratis seperti blogger, wordpress, dan tumblr. Tetapi jika anda punya modal 500 ribu rupiah kenapa tidak anda coba menggunakan layanan hosting dari bluehost? Paket shared hosting dengan cms wordpress dari bluehost berkisar 5.95 US Dolar sebulan atau sekitar 77 ribu rupiah. Gimana?

Langkah pertama memulai blogging adalah memilih nama domain
Domain adalah alamat dari situs atau blog anda yang akan diakses melalui internet. Ada jutaan nama domain yang telah didaftarkan dan setiap blog memiliki nama unik masing-masing. Jika anda mempunyai ide nama domain untuk blog anda sekarang. Coba CEK ketersediaannya di form dibawah ini.

Perhatian: nama domain yang akan daftarkan usahakan menghindari nama yang telah dimiliki oleh sebuah produk atau perusahaan. Karena jika anda menggunakan nama domain tersebut ada kemungkinan blog anda akan terkena pasal Hak Cipta dari pemegang merek. Tentunya ini akan merugikan anda bukan?

Langkah kedua adalah membeli hosting dari bluehost.
Saran saya dalam memilih paket hosting untuk memulai aktifitas blogging anda adalah gunakan dulu paket shared hosting. Selain harganya yang terjangkau paket shared hosting dari bluehost terbukti lebih handal dibandingkan dengan paket shared hosting dari beberapa layanan hosting di Indonesia. Saya bukannya merendahkan produk dalam negeri tetapi pengalaman saya dengan hosting Indonesia bisa dibilang cukup berharga.

Harga memang murah dan lebih murah malahan jika dibandingkan dengan paket shared hosting bluehost, tetapi untuk kenyamanan dan rencana jangka panjang hosting services di Indonesia masih tidak sebanding dengan perusahaan luar negeri. Tapi beberapa teman blogger saya di forum Publisher Adsense Indonesia masih nyaman menggunakan layanan hosting dari Indonesia.

Saya tidak akan lebih jauh membahas tentang hosting dan juga providernya. Inti dari pembicaraan saya adalah anda harus memilih nama dan juga hosting yang akan anda gunakan ketika memulai blogging.