Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud Hosting & Domain Saat Membuat Web

Apa itu hosting? Hosting adalah sebuah layanan yang menyimpan sebuah situs web atau aplikasi web dan membuatnya mudah diakses di berbagai perangkat seperti desktop, ponsel, atau tablet.

Dalam bahasa lain hosting adalah sebuah wadah untuk menampung data-data dan informasi yang diperlukan oleh sebuah website dan aplikasi sehingga dapat diakses melalui Internet. Data yang dimaksud dalam pengertian ini melingkupi file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Data-data yang disimpan di dalam hosting inilah nantinya akan ditampilkan ke situs website yang kita miliki dan dinikmati oleh pengunjung website. Perusahaan yang menyediakan layanan tersebut disebut web host.

Untuk mendapatkan layanan hosting kita harus membayar sejumlah uang sesuai dengan paket hosting yang kita inginkan. Kita bisa membeli layanan hosting mulai dari 240 ribu rupiah sampai 3 juta lebih per tahun. Biaya ini tergantung pada paket hosting yang ditawarkan oleh penyedia dan tentu juga tergantung pada kondisi keuangan kita masing-masing.

Bagi orang pribadi maupun organisasi yang bahkan tidak mampu membeli paket hosting murah dari penyedia layanan web host baik bahkan di Indonesia, layanan hosting website gratis menjadi sebuah jawaban.

Ada banyak tempat agar kita bisa meng-hosting web dengan gratis. Berikut daftar tempat hosting gratis yang bisa digunakan.

  • Blogger.com
  • Wordpress.com
  • Weebly.com
  • Wix.com
  • 000webhost.com (tidak lagi menyediakan hosting gratis)
  • Infinityfree
  • AwardSpace
  • FreeHostia
  • FreeHosting
  • Google Sites
  • Firebase Hosting
  • Github Page
  • Vercel
  • AWS
  • Google Cloud
  • Netlify

Saya hanya akan membahas dua diantara daftar penyedia hosting gratis diatas dan sudah banyak dipakai oleh orang-orang di dunia untuk berbagi cerita atau untuk pemasaran produk. Kedua situs web tersebut pastinya sudah Anda kenal. penyedia layanan yang saya maksudkan adalah Blogger.com dan Wordpress.com.

Blogger.com dan Wordpress.com adalah contoh dari layanan hosting gratis. Dan tidak hanya memberikan wadah untuk file gambar file video atau script program, kedua situs layanan hosting website tersebut juga memberikan domain gratis.

Layanan Hosting gratis dari keduanya sangat membantu orang-orang yang ingin memiliki situs web pribadi. Bahkan tidak jarang pelaku usaha mikro kecil menengah (umkm) menggunakan kedua layanan tersebut untuk memperluas jaringan distribusi penjualan atau bahkan langsung melakukan transaksi jual beli.

Sayangnya, meskipun layanan hosting gratis yang dimiliki kedua bisa dibilang sangat bagus masih ada kekurangan yang dirasakan secara teknis. Daftar kekurangan hosting gratis yang banyak dirasakan oleh para pengguna adalah sebagai berikut:

  1. Ada keterbatasan ruang penyimpanan data seperti gambar dan video. Contohnya situs wordpress.com. Untuk pengguna baru yang memilih paket hosting gratis hanya diberikan ruang penyimpanan sebesar 1 Gigabyte. Jika website yang anda buat dimaksudkan untuk menjual satu produk dengan asumsi 4 gambar HD berukuran 100kb layanan ini tentu cocok. Tapi jika produk yang ingin dijual lebih dari satu dan tidak hanya butuh gambar untuk meyakinkan calon pembeli maka kapasitas ruang penyimpanan tersebut bisa saja tidak cukup.
  2. Ada keterbatasan layanan. Contohnya seperti layanan hosting gratis 000webhost.com. Di situs yang menyediakan hosting gratis tersebut selain ruang penyimpanan yang terbatas, bandwith website Anda juga dibatasi. Jika pada sat waktu website penjualan produk Anda sedang mendapatkan kunjungan yang banyak, 000webhost sebagai penyedia layanan bisa saja memutus akses situs Anda agar layanan mereka yang juga melayani situs-situs lain di dalam server mereka bisa diakses.
  3. Tidak terlihat profesional. Situs seperti wordpress.com maupun 000webhost.com memiliki beban biaya agar layanan hosting gratis mereka bisa berjalan dengan baik. Untuk itu mereka secara tidak langsung memaksa situs Anda mengiklankan layanan hosting mereka di situs web Anda. Contoh, layanan situs wordpress.com akan memiliki tautan balik ke situs utama yang beralamatkan https://wordpress.com yang berada di bagian footer situs Anda. Kebijakan layanan 000webhost lebih ekstrim lagi. Situs Anda akan memajang banner dari 000webhost dengan letak yang sangat tidak enak dipandang mata yaitu banner seakan-akan melayang jika Anda melakukan scroll dari atas browser ke bawah. Agar banner tersebut hilang Anda harus kucing-kucingan dengan penyedia layanan hosting gratis tersebut. Ada teknik yang bisa membuat banner tersebut disembunyikan dari tampilan website, namun jika diketahui oleh penyedia layanan maka ada konsekuensi yang akan diterima situs Anda.
  4. Kurangnya keamanan Data. Saya tidak bisa menjelaskan lebih jauh karena tentu saja saya belum menemukan kerentanan. Namun anda bisa menemukan keluhan-keluhan mengenai keamanan data yang disediakan layanan hosting gratis tersebut di forum atau googling dengan kata kunci yang sesuai.
  5. Tidak ada layanan pelanggan. Meskipun bisa saja kita yang menggunakan layanan hosting gratis dibilang pelanggan, tapi secara logika perusahaan akan memberikan layanan lebih utama kepada pelanggan yang berbayar. Pengguna layanan hosting gratis harus bersabar jika harus menunggu jawaban dari sebuah permasalahan teknis atau mencari sendiri jawaban dari masalah yang ditemui.
  6. Penggunaan nama domain yang terbatas. Setiap pelanggan hosting gratis akan diberikan sebuah domain. Hanya saja domain yang diberikan itu merupakan turunan dari domain utama. Contoh yang menggunakan layanan Blogger akan mendapatkan domain turunan blogspot.com, pengguna layanan wordpress akan mendapatkan alamat turunan wordpress.com. Permasalahannya setelah mereka memberikan layanan hosting gratis bertahun-tahun nama domain atau alamat website yang kita inginkan tidak akan mudah kita dapatkan. Jika pun memaksa alamat atau nama domain tertentu pasti ada angka dibelakangnya seperti resepsoto1.blogspot.com atau tokomainan2.wordpress.com.

Bagi yang ingin lebih terlihat profesional di depan calon pembeli atau klien, memilih hosting murah merupakan keputusan yang tepat. Secara garis besar ada beberapa produk hosting yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan penyedia hosting.

  • Shared Hosting (atau Hosting Bersama)
  • Virtual Private Server (atau Peladen Pribadi Virtual)
  • Dedicated Server (atau peladen khusus)
  • Cloud Hosting (atau Hosting Awan)

Mari kita bahas satu persatu seperti apa jasa atau produk yang ditawarkan oleh kebanyakan penyedia hosting tersebut.

Shared Hosting atau Hosting Bersama

Biasanya layanan hosting bersama ini ditawarkan kepada pemilik bisnis yang baru online atau pemilik bisnis kecil. Layanan hosting bersama ini juga cocok untuk digunakan oleh para penulis blog dikarenakan harganya yang lebih terjangkau.

Biasanya layanan ini memiliki ruang penyimpanan sebesar 1 Gigabita untuk media seperti gambar dan video. Jadi jika Anda membuat website yang menitik beratkan tampilan web pada gambar atau video usahakan untuk memperhitungkan ukuran gambar atau video yang akan dimuat oleh web.

Selain biaya yang lebih murah, produk shared hosting juga memiliki fitur web builder, ini adalah perangkat lunak yang membantu kita membuat website tanpa pengetahuan koding.

Sayangnya karena produk layanan ini dipakai oleh beberapa situs dalam satu peladen, suatu saat website yang kita kelola bisa menurun performanya. Salah satu sebabnya (dan hampir kebanyakan pengguna menyetujui alasan ini) adalah jika pada suatu saat salah satu website di peladen yang sama mendapatkan kunjungan yang luar biasa banyak.

Bagi website yang mendapatkan lonjakan trafik tadi juga akan mendapatkan masalah. Apa masalahnya? Biaya hosting website yang terjangkau bisa jadi meningkat secara drastis. Tentu hal ini tidak akan menjadi permasalahan jika website tersebut juga mendapatkan penghasilan dari meningkatnya akses ke situs mereka.

Virtual Private Server (VPS)

Virtual private server adalah produk layanan yang diberikan perusahaan penyedia layanan hos yang menawarkan sumber daya ekslusif berupa partisi server fisik untuk membuat server virtual. Sumber daya yang akan didapatkan secara eksklusif dari layanan vps ini bisa berupa Central Process Unit, Random Access Memory, dan juga ruang penyimpanan serta tidak akan terpengaruh oleh pengguna lain.

Dengan menggunakan VPS kita diberikan kebebasan untuk menggunakan Operating System (OS) yang kita inginkan. Biasanya OS berbasis Linux seperti Ubuntu, Debian, atau Redhat atau program-program khusus seperti Ruby, Perl, dot NET dan lain sebagainya.

Produk VPS direkomendasikan untuk website yang memiliki trafik yang tinggi. Dikarenakan produk VPS memiliki kebebasan dalam konfigurasi server dan juga keamanannya, pemilik website juga harus memiliki pengetahuan teknis yang cukup untuk menangani sisi tersebut. Jika tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup dikhawatirkan website yang memiliki potensi keuangan besar karena mendapatkan trafik yang tinggi tersebut akan rentan dalam hal keamanan maupun performa.

Dedicated Server atau Server Pribadi

Server adalah sebuah komputer yang menyediakan informasi kepada komputer lain yang disebut klien dalam sebuah jaringan internet. Dalam bahasa mudahnya server itu komputer, hanya saja lebih besar dibandingkan komputer di rumah atau laptop yang kita gunakan.

Produk Dedicated Server ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti tokopedia, web e-commerce yang merupakan karya anak bangsa. Dengan memiliki "komputer" sendiri tokopedia akan mudah untuk melayani penggunanya baik seller maupun buyer, karena tokopedia sendiri merupakan sebuah penghubung.

Di awal pendiriannya kemungkinan tokopedia menggunakan Wordpress dan plugin Woocommerce, tapi sekarang tokopedia sepertinya sudah memiliki softwarenya sendiri untuk melayani baik merchant, buyer, ataupun pihak logistik. Dengan menggunakan dedicated server tokopedia bisa membuat aplikasinya berbeda untuk masing-masing pengguna dan partner.

Karena "komputer" milik sendiri tokopedia bisa bebas melakukan konfigurasi apapun dalam komputernya. Untuk membuat tokopedia (sebagai website e-commerce maupun sebagai aplikasi ponsel) bisa dijalankan secara baik pastinya pihak perusahaan akan merekrut tenaga ahli dibidang server maupun software.

Cloud Hosting (Hosting Awan)

Cloud hosting merupakan produk layanan terbaru yang ditawarkan oleh banyak perusahaan hosting saat ini. Cloud hosting adalah layanan hosting yang berbagi sumber daya dan skala yang bertujuan menurunkan biaya layanan hosting web dan sekaligus meningkatkan performa sebuah website.

Para pengguna produk cloud hosting akan mendapatkan akses bersama ke sebuah kluster server dan pengelola (dalam hal ini penyedia layanan cloud) akan mereplikasi file-file situs web tersebut ke beberapa server.

Manfaat yang bisa didapat dari produk cloud hosting ini sangat besar. Jika salah satu server sibuk atau diretas, penyedia layanan hosting akan mengarahkan lalu lintas dari server yang sibuk atau diretas tadi ke server lain agar file atau situs web yang dituju tetap bisa diakses.

Sekilas cloud hosting hampir seperti layanan shared hosting namun bedanya server yang digunakan tidak pada satu tempat. Jika shared hosting hanya pada server di Cyber Park 3, maka websites yang berada dalam satu server cloud hosting di bandung akan terpencar ke beberapa server lain di lokasi yang berbeda-beda.

Layanan cloud hosting juga bisa secara otomatis menaikan atau menurunkan skala tergantung pada kebutuhan sebuah website.

Penyedia layanan cloud hosting juga menyediakan pencadangan dan redundansi data secara otomatis.

Jadi kesimpulannya hosting itu adalah sebuah wadah tempat isi sebuah website disimpan dan ditampilkan kepada pengunjung. Untuk mendapatkan layanan hosting kita tidak harus membayar namun kita juga harus bisa menerima keterbatasan-keterbatasan yang diberikan agar layanan hosting gratis bisa dinikmati oleh orang lain.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya hosting itu adalah sebuah wadah tempat isi sebuah website disimpan dan ditampilkan kepada pengunjung. Untuk mendapatkan layanan hosting kita tidak harus membayar namun kita juga harus bisa menerima keterbatasan-keterbatasan yang diberikan agar layanan hosting gratis bisa dinikmati oleh orang lain.

Untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan keleluasaan dalam mengkonfigurasi server pada website yang kita miliki, ada beberapa produk layanan hosting yang bisa kita pakai mulai dari shared hosting, virtual private server, dedicated server, hingga yang paling baru cloud hosting.

Layanan-layanan hosting tersebut bisa kita dapatkan dengan memilih dan memahami apa yang kita butuhkan. Apakah kita hanya butuh ruang yang cukup besar untuk menyimpan media gambar, audio atau video. Atau kita membutuhkan tidak hanya ruang penyimpanan besar tapi keleluasaan dalam menggunakan OS, penggunakan perangkat lunak yang sesuai untuk bisnis dan lain sebagainya.

NB

Terima kasih telah mengunjungi https://www.kandra.id dan membaca artikel mengenai apa itu hosting. Jika ada hal yang dapat didiskusikan silahkan gunakan kolom komentar dibawah, dan mohon dukungannya dengan mendukung kelangsungan blog ini di link dibawah ini.

Cendolnya Gan
Kandra
Kandra Seorang mantan karyawan yang sedang mencari cuan melalui tulisan. Pernah bekerja di industri asuransi syariah hampir 10 tahun sebelum memutuskan untuk di-rumah-kan karena pandemi.