Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Memulai Blog dan Menghasilkan Uang dari Nol

cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang

Punya hobi atau minat tertentu? Ingin mengubah passion menjadi cuan? Membuat blog bisa jadi jawabannya! Artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang dari rumah. Tanpa perlu modal besar, kamu bisa mulai membangun bisnis online sendiri dan meraih passive income.

Dalam artikel ini Anda tidak hanya mengetahui langkah-langkah membuat blog dengan gratis dan metode-metode yang bisa menghasilkan cuan dari konten blog.

Sebelum kita bahas lebih lanjut langkah-langkah membuat blog gratis, mari kita bahas dulu pengertian blog itu sendiri.

Apa itu Blog?

Blog adalah sebuah website yang berisi informasi terpisah dengan gaya penulisan seperti jurnal pribadi atau diari. Informasi-informasi yang terpisah ini biasa disebut dengan sebuah post.

Halaman post atau postingan biasanya diurut secara kronologis, jadi tulisan terbaru atau postingan terbaru akan berada diurutan pertama saat halaman utama diakses.

Jadi jika Anda membuka halaman beranda blog saya, www.kandra.id, maka Anda akan melihat tulisan terbaru saya yang di-labeli atau diberi label dengan Featured Post.

Blog lain mungkin tidak mirip tampilannya dengan blog saya namun perilakunya hampir sama. Bedanya pada template atau tema yang digunakan saja.

Jadi secara sederhana, pengertian blog adalah sebuah website yang ditulis oleh seseorang atau sekelompok orang dan membicarakan satu topik.

Mengapa harus membuat blog?

Sebelum lanjut ke langkah-langkah membuat blog dengan Blogger.com pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail.

Cara Membuat Blog dengan Blogger.com

Video Cara Membuat Blog

  1. Kunjungi situs layanan Blogger di alamat https://www.blogger.com/about/?bpli=1.
  2. Tekan tombol Sign In yang berada di kanan atas layar monitor.
  3. Masuk menggunakan alamat akun gmail dan password akun gmail Anda.
  4. Setelah Anda diverifikasi oleh google saat Anda akan masuk ke dashboard blogger.com,
  5. tekan tombol new blog. yang berada di kiri atas layar (dibawah profil akun google)
  6. buat blog baru dengan mengisi kolom TITLE (atau JUDUL) dan BLOG ADDRESS (atau ALAMAT BLOG). Peringatan: Anda kemungkinan akan mengalami kesulitan dalam proses menentukan alamat blog karena alamat yang Anda inginkan kemungkinan besar sudah ada di database blogger.
  7. Langkah berikutnya setelah Anda mendapatkan alamat blog adalah memilih template atau tema untuk blog anda untuk pertama kalinya. Pilihlah salah satu tema bawaan blogger yang responsive dan mobile friendly seperti Notable, Soho, Emporio atau Contempo.
  8. Setelah itu tekan tombol CREATE.

Setelah anda mengikuti langkah-langkah membuat blog di blogger.com Anda telah mempunyai website sendiri. Selagi masih fresh Anda sebaiknya menyimpan username (email gmail yang anda buat dan digunakan untuk pendaftaran di blogger.com tadi) dan juga password di tempat yang mudah anda akses dan juga tidak diketahui banyak orang.

Setelah anda mengikuti cara membuat blog di blogspot diatas langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan konten berupa artikel dan gambar untuk blog baru tersebut. Sembari mempersiapkan konten yang akan anda masukkan ke blog, anda perlu mengenali fitur-fitur blogspot yang akan anda gunakan untuk ngeblog. Fitur yang harus anda kenali dan harus terbiasa dengannya adalah fitur posting. Jika anda sudah biasa menerbitkan artikel atau gambar yang dibutuhkan untuk blog selanjutnya Anda perlu tahu bagaimana cara mendesain layout untuk menerbitkan konten yang baik dan disukai oleh pengunjung nantinya.

Metode-Metode Menghasilkan Uang dari Blog

  • Google Adsense
  • Menjual produk affiliate marketing
  • Menjual produk digital
  • Menjual jasa penulisan konten

Mari kita bahas satu per satu bagaimana metode-metode diatas bisa menambah jumlah angka di rekening Anda.

Google Adsense

Google Adsense merupakan program apresiasi dari Google untuk para konten kreator yang membuat konten di blog. Adsense merupakan jaringan periklanan yang dimiliki Google dimana para konten kreator bisa menampilkan iklan dari pengiklan di Google Ads dan mendapatkan penghasilan dari jumlah iklan yang tayang di blog mereka atau jumlah klik iklan yang diterima pengiklan dari pengunjung blog.

Menjual produk affiliate marketing

Menjual produk afiliasi merupakan cara lain untuk mendapatkan uang melalui konten yang diterbitkan. Pemilik blog akan mendapatkan cuan jika produk yang mereka rekomendasikan kepada pengunjung blog membeli produk tersebut. Pemilik konten bertindak sebagai pihak ketiga yang merekomendasikan produk kepada konsumen langsung yang mencari informasi melalui konten blog. Program afiliasi yang banyak diikuti di tahun 2024 sekarang seperti tokopedia dan shopee.

Menjual produk digital

Biasanya pemilik produk yang menjual produk secara afiliasi adalah pemilik bisnis dari industri software atau perangkat lunak yang ditujukan untuk kemudahan bisnis atau produk-produk digital lain seperti penjualan domain dan hosting, e-book, webinar.

Menjual Jasa penulisan konten

Dalam industri pembuatan konten di blog jasa penulisan sangat diperlukan. Blog dengan topik khusus dan memang bertujuan untuk mengedukasi calon pembeli biasanya mencari para penulis untuk membuat konten yang dibutuhkan oleh calon pembeli produk.

Berbeda dengan mas Sugeng Riyadi, Neil Patel, GURU Internet Marketing asal Amerika, menyarankan agar sebisanya menggunakan blogspot atau blogger.com menjadi pilihan terakhir untuk menjadikan blog sebagai sebuah media untuk bisnis. Alasannya pakar digital marketing plontos tersebut adalah karena platform blogger tidak memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk membuat fitur yang dibutuhkan dalam menghasilkan uang. Lebih lanjut Neil Patel menyarankan agar calon blogger yang berorientasi kepada bisnis online menggunakan platform WordPress yang menggunakan hosting sendiri.

Dengan menggunakan wordpress yang digunakan di hosting sendiri, kita bisa lebih leluasa untuk menambah fitur-fitur untuk meningkatkan penjualan maupun performa web. Bagi teman-teman yang ingin mengikuti saran Neil Patel tersebut artikel cara membuat membuat blog dengan langkah mudah dari niagahoster.co.id sepertinya bisa membantu.

Saya coba lanjutkan lagi tentang membuat blog gratis dan menghasilkan uang di blogspot.

Seperti yang saya singgung diatas tadi blogger senior seperti mas sugeng menganjurkan blogger newbie untuk memulai menghasilkan uang dengan cara menjadi publisher adsense dengan memanfaatkan blogspot. Apalagi jika mengikuti saran Neil Patel modalnya dirasakan terlalu mahal.

Meskipun kalau dibilang mahal atau murah semua tergantung pada kondisi keuangan kita masing-masing. Kalau udah kerja dan baru dapat bonus tahunan membeli hosting dan domain dengan periode satu tahun di exabytes mungkin terasa ringan. Tapi kalau untuk anda yang belum bekerja atau memiliki penghasilan pas-pasan mungkin memiliki sebuah domain lebih dahulu lebih baik dibandingkan harus menggunakan alamat yang disediakan oleh blogger.

Saya sendiri lebih mengikuti saran mas Sugeng dengan memodali blog dengan domain custom (atau disebut juga alamat website sendiri) dengan akun blogger yang saya miliki. Setelah itu saya fokus untuk membuat konten yang berkualitas di topik yang saya pilih.

Setelah menerbitkan konten saya pun fokus mempromosikan konten dengan berkontribusi di grup-grup dan komunitas-komunitas blogger yang saya ikuti seperti di komunitas publisher Adsense di situs google plus. Di situs ini khusus membahas bagaimana caranya kita mendapatkan penghasilan dari google adsense, sebuah program monetisasi blog dengan cara menayangkan iklan rekanan google.

Selain bergabung dengan program publisher adsense, cara menghasilkan uang dari blog dapat juga dilakukan dengan menjual langsung produk atau jasa yang Anda miliki. Jika anda memiliki akses kepada penjual buku-buku populer atau best seller misalnya, buatlah konten berupa resensi atau ulasan mengenai buku tersebut dan tinggalkan pesan bagaimana pembaca resensi atau ulasan buku di blog Anda bisa memesan buku tersebut kepada Anda. Saya sendiri mencoba untuk menjual beberapa produk digital maupun produk fisik dengan bekerja sama dengan beberapa situs seperti produk pelatihan bahasa inggris dari belajaringgris.net atau produk pelatihan bahasa inggris dari ratakan.com.

Alternatif lainnya adalah menjadi sales freelance dari tempat anda membeli domain atau hosting. Perusahaan dimana anda menjadi klien mereka akan dengan senang hati memberikan imbalan kepada Anda jika anda membantu menjual produk yang mereka tawarkan. Apalagi sebagai seorang pelanggan, Anda adalah bukti dari layanan yang mereka berikan.

Hasil dari menjadi penjual yang berafiliasi ini tidak akan kalah dengan bekerja sama dengan Google melalui program Adsense. Bahkan kalau menurut saya pribadi penghasilan dari menjual produk langsung melalui sistem afiliasi lebih baik dibandingkan dengan penghasilan Google Adsense. Tapi itu menurut saya saja loh. Setiap blogger memiliki rejeki yang berbeda-beda. Jadi apa yang akan anda lakukan?

  1. Menggunakan blogspot untuk mendapatkan uang?
  2. Modal dikit dengan beli domain untuk lebih profesional
  3. Berinvestasi dengan membeli hosting (pastinya domain digratiskan) dan menggunakan wordpress untuk ngeblog secara profesional?

Referensi:

Kandra
Kandra Seorang mantan karyawan yang sedang mencari cuan melalui tulisan. Pernah bekerja di industri asuransi syariah hampir 10 tahun sebelum memutuskan untuk di-rumah-kan karena pandemi.